BERITA UTAMA

Pemkab Kolaka Dukung Penuh Sensus Penduduk 2020

Bupati Kolaka didampingi kepala BPS Kolaka Ade Ida Mane bersama camat se-kabupaten Kolaka yang siap mensukseskan program sensus penduduk. Foto : Neno/Kolaka Pos.

KOLAKAPOS, Kolaka — Pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 akan dilaksanakan awal Februari. Bupati Kolaka, H Ahmad Safei meminta kepada semua stakeholder agar mensukseskan program tersebut. Hal ini disampaikan bupati Kolaka saat membuka rapat koordinasi dan sosialisasi kabupaten sensus penduduk 2020, yang dilaksanakan oleh BPS Kolaka dan dihadiri semua OPD lingkup Pemda Kolaka serta camat se-kabupaten Kolaka, bertempat diaula Sasana Praja kantor Pemda Kolaka, Senin (27/1).

Bupati Kolaka, H Ahmad Safei mengatakan pelaksanaan sensus penduduk pada 2020 ini, haruslah menghasilkan data penduduk yang akurat dan valid. Karena dengan data yang valid tersebut dapat mendukung dan membantu pemerintah dalam menentukan arah kebijakan guna memperbaiki perekonomian dan menyejahterakan masyarakat. “Mari kita sukseskan program ini, apalagi soal data penduduk saja antara Disdukcapil Kolaka dengan Statistik Kolaka datanya berbeda-beda, olehnya itu melalui sensus penduduk nanti mari kita satukan data kependudukan kita jangan lagi ada yang berbeda karena ini bukan barang,” kata Safei dalam sambutannya.

Menurutnya, pelaksanaan sensus penduduk ini mesti dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, agar pemerintah tidak akal-akalan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat nantinya. Sehingga, dalam menghasilkan data tersebut, perlu dukungan pemerintah hingga di tingkat bawah. Untuk itu, dia menekankan kepada camat dan kepala desanya, untuk memfasilitasi dan mendampingi petugas dalam mencatat data dari warga. “Camat dan kepala desa atau lurah, semua berkoordinasi dan memfasilitasi, jangan dilepas begitu saja, tapi mengikuti semua prosesnya. Agar data yang diberikan tidak dikarang-karang,” pintanya.

Sementara Kepala BPS Kabupaten Kolaka, Ade Ida Mane mengatakan, kegiatan sensus penduduk akan diselenggarakan pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020, secara online. Dilanjutkan dengan sensus penduduk wawancara langsung pada 1 sampai 31 Juli 2020.

Ade menjelaskan, pelaksanaan sensus penduduk online bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat dengan mengisi kuisioner yang tersedia di website. Sehingga, petugas yang melakukan pendataan pada sensus penduduk wawancara langsung nantinya, tidak banyak lagi yang turun lapangan. Sebab, wawancara langsung hanya dilakukan kepada masyarakat yang tidak bisa mengisi datanya secara online.

Untuk itu, ia mengharapkan, masyarakat di Kabupaten Kolaka dapat berpartisipasi aktif, khususnya pada sensus penduduk online dengan melaporkan dan memperbaharui data keluarga. Tentunya ini, tak akan terlepas dari dukungan pemerintah untuk ikut mensosialisasikan kepada masyarakat. “Realisasi warga yang mengisi data secara online diharapkan bisa lebih tinggi dibandingkan dengan sensus langsung. Ini juga bisa meringankan tugas petugas kami,” terangnya. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top