BERITA UTAMA

Komisi III akan Tinjau Smelter PT.Ceria

KOLAKAPOS, Kolaka — Komisi III DPRD Kolaka berencana mengunjungi lokasi pembangunan smelter PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) di kecamatan Wolo. Kunjungan tersebut untuk mencari fakta kelanjutan pembangunan smelter yang diisukan terhenti.

Ketua komisi III DPRD Kolaka, Muh.Akhdan mengatakan, isu tersebut harus dijawab dengan tuntas. “Kan ada desas-desus bahwa Ceria sudah tidak lanjut lagi Smelternya, ada juga yang bilang bahwa waktu peletakan batu pertama juga merupakan yang terakhir, makanya kita mau lihat langsung lagi disana,” ungkapnya. “Tapi nanti kita lihat agenda dulu, yang pasti kita akan pastikan untuk menjawab desas desus itu,” imbuhnya.

Smelter PT.CNI kata Akhdan, menjadi harapan masyarakat Kolaka, karena jika terealisasi tentu akan mendatangkan manfaat bagi Kolaka. “Ini kan ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kolaka, tentu akan membuka peluang kerja yang besar, peningkatan ekonomi warga, juga pastinya berdampak bagi daerah kita, makanya ini harus kita pastikan,” jelasnya.

Komisinya juga berharap pembangunan smelter PT. CNI berjalan dengan baik dan ada progressnya. “Nanti kita lihat sudah sampai dimana, semoga ada progressnya bisa kelihatan sejak dari peletakkan batu pertama,” jawabnya.

Untuk diketahui pada 15 Juni tahun lalu, telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan smelter PT.CNI. Rencananya smelter PT CNI itu jika telah beroperasi nantinya dapat mengolah nikel dengan kapasitas input bijih (ore) 5 juta ton dan output dalam bentuk feronikel sebanyak 230.000 ton dengan kadar nikel 22%—24% per tahunnya. Smelter yang akan dibangun direncanakan juga mengadopsi teknologi rotary kiln electric furnace (RKEF). Smelter itu juga ditargetkan akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2021. (mir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top