BERITA UTAMA

Belum Ada TKA di Kolaka

Kepala bidang (Kabid) Pembinaan, Penempatan, dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Nakertrans Kolaka Hartono

KOLAKAPOS, Kolaka — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertras) Kolaka mencatat sejak awal tahun ini, pihaknya belum menerima laporan adanya tenaga kerja asing (TKA) yang masuk diwilayah kabupaten Kolaka. Bahkan ditahun lalupun tercatat tidak ada TKA yang masuk di bumi Mekongga.

“Sampai hari ini, diakhir bulan Januari belum ada TKA yang masuk ke Kolaka untuk bekerja, karena belum adanya laporan dari pihak perusahaan tambang karena biasanya para perusahaan tambang yang selalu menggunakan TKA. Kondisi ini sama dengan tahun lalu TKA tidak ada yang masuk untuk bekerja. Banyak yang masuk warga asing tapi hanya sebatas melihat potensi diKolaka, kira-kira potensi apa yang bisa dikembangkan,” kata Kepala bidang (Kabid) Pembinaan, Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Nakertrans Kolaka Hartono saat ditemui media ini, Kamis (30/1).

Bahkan kata Hartono, perusahaan tambang yang ada, sampai hari ini juga belum ada laporan terkait akan mempekerjakan TKA, namun pihaknya akan terus melakukan pemantauan disetiap perusahaan tambang yang ada diwilayah kabupaten Kolaka. “Tapi kalau untuk wisata asing yang masuk ke Kolaka untuk berlibur dimungkin ada yang masuk tahun ini, tapi itu ranahnya ada dinas pariwisata. Tapi kalau untuk pekerja asing sampai hari ini itu belum ada,” ucapnya.

Apalagi lanjutnya, sejak penutupan kuota ekspor ore nikel tahun lalu, perusahaan tambang diKolaka menjadi lesuh. Meski demikian pihaknya akan tetap melakukan pemantauan disetiap perusahaan tambang. “Tetap kami akan lakukan pemantauan, guna memastikan bahwa TKA memang tidak ada yang masuk. Dan kami sudah sampaikan juga diperusahan agar jika ingin mempekerjakan TKA harus melaporkan kepada kami, jika ditemukan maka akan ada sanksi tegas yang akan kita berikan sesuai mekanisme yang ada, “tegasnya. (K9).

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top