BERITA UTAMA

Konsel Digagas Jadi Kawasan Pengembangan Kelautan dan Perikanan Nasional

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga didampingi Wakilnya saat berkunjung di Kantor Kementerian KP, dan diterima langsung oleh Menteri KP, Edhi Prabowo

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Konsel, Surunuddin Dangga bersama wakilnya, Arsalim Arifin, memaparkan potensi perikanan daerahnya saat melakukan audiensi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Momen tersebut juga dimanfaatkan untuk mensinergikan pelaksanaan program pembangunan kementerian, sebagaimana Visi Misi RPJMD Konsel Tahun 2016-2021 berbasis Kawasan Perdesaan.

Di Kementerian, bupati dan wakilnya diterima Menteri KKP, Edhi Prabowo di Gedung Mina Bahari Kantor Kementerian KKP di Jakarta, Kamis (30/1).

Dihadapan Menteri, Bupati Surunuddin Dangga, menjelaskan bahwa Konsel memiliki luas wilayah daratan 451.420 Ha atau 11,3 % dari luas wilayah daratan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Jumlah Penduduk 309.298 jiwa, dengan luas lahan tambak 12.256 Ha, kolam 6.215 Ha, dan luas perairan laut 9.368 KM’ yang tersebar di 25 Kecamatan dengan jumlah Desa/Kelurahan 351, dimana dari total tersebut terdapat (35%) Desa Pesisir bergerak di sektor perikanan payau dan laut.

Yang menurutnya, dari potensi yang ada belum termanfaatkan secara optimal. Hal ini disebabkan, selain kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, juga keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemda Konsel, guna mendukung pengelolaan potensi KP tersebut.

Terkait hal itu, demi percepatan pelaksanaan program pembangunan KP, yang berbasis Kawasan Perdesaan, Surunuddin meminta dukungan dari Pemerintah Pusat untuk memberikan program prioritas fasilitas sarana dan prasarana (Sarpras) Kelautan dan Perikanan. “Untuk meningkatkan pengembangan potensi KP di daerah kami, dan agar produksi dan kesejahteraan masyarakat perikanan Konsel juga meningkat, kami mohon pihak Kemen KP menyalurkan bantuan sarana dan prasarana pendukungnya,” pintanya.

Dikesempatan tersebut juga, Mantan Ketua DPRD Konsel ini mengutarakan niatnya, untuk mengundang Menteri KP berkunjung ke Konsel, sehingga bisa melihat langsung potensi KP yang ada di daerah, dengan harapan sinergitas program bisa terbangun sesegera mungkin, dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah dan masyarakat.

Sementara itu, Menteri KP, Edhi Prabowo menyatakan persetujuannya, terkait permintaan Bupati Konsel, sekaligus akan menjadikan Konsel sebagai Pilot Project pembangunan Kelautan dan Perikanan secara Nasional, dengan potensi laut lebih besar dari Natuna dan Budidaya air payau yang cukup besar, didukung KPPN Tinanggea dan KPPN Teluk Kolono, sebagai pusat kawasan pertumbuhan dan Konsel menjadikan spesifik lobster mutiara yang terbaik di Indonesia.

“Kita siap menyalurkan bantuan dan merencanakan Konsel, menjadi kawasan pengembangan di bidang Kelautan dan Perikanan Nasional kedepan, dan Insya Allah bersama jajaran akan berkunjung ke Konsel dalam waktu dekat ini, dengan harapan Konsel menjadi salah satu wilayah tumpuan ekonomi nasional sesuai unggulannya,” tandas Edhi. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top