MUNA

Kunjungi Kabawo, Rusman Emba Disambut Antusias Warga

Masyarakat Kabawo Antusias Sambut Kunjungan Kerja Bupati Muna, LM Rusman Emba. FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha — Bupati Muna, LM Rusman Emba melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Kabawo, Jumat (31/1). Menariknya, ribuan  warga masyarakat yang hadir di lapangan sepak bola kecamatan setempat,  menyambut  pemimpin Bumi Sowite tersebut dengan menggemakan  lantunan sholawat badar. Mereka terlihat sangat gembira dan antusias.

LM Rusman Emba mengatakan tiga tahun kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Abdul Malik Ditu, berbagai kebijakan dan program kerja yang menyentuh masyarakat sudah dilakukan. Namun ia menyadari bahwa hal tersebut belum sepenuhnya sempurna.

“Insya Allah infrastruktur jalan di kecamatan Kabawo tuntas tahun ini. Begitu pula  jalan poros Kabawo ini  (Poros Nasional) sudah masuk dalam APBD Provinsi, anggarannya Rp9miliar. Ini sudah proses tender. Insya Allah tuntas,” ucapnya dihadapan ribuan masyarakat kecamatan Kabawo.

Untuk pembangunan renovasi rumah ibadah di kecamatan Kabawo, menurut Rusman Pemkab Muna telah menganggarkan dalam APBD 2020. “Untuk Masjid di kampung lama memang kita sudah anggarkan dalam APBD tahun ini senilai Rp700juta. Insya Allah di APBD 2021 kita akan tambahkan sebesar Rp500juta. Saya bukan priyayi tapi Insya Allah untuk pribadi, saya akan sumbang Rp50juta,” katanya

Krisis Air bersih merupakan persoalan masyarakat Muna pada umumnya. Makanya untuk tahun ini hingga 2021 mendatang, program air bersih menjadi prioritas utama yang harus disempurnakan.
“Insya Allah kita akan tuntaskan persoalan air bersih di Kabawo, termasuk Watoputi dan Kontunaga,” cetusnya

Jika tidak ada aral melintang, 2021 kata Rusman, Muna  menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi khusus untuk pertandingan sepak bola. Tentu Pemkab akan membangun dua stadion sepak bola yang berskala nasional. “Insya Allah salah satu tempat mainnya di lapangan ini (Kabawo). Jadi lapangan ini kita akan percantik,” ungkapnya

Untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi masyarakat pada bidang pertanian, maka Kecamatan Kabawo ucap Rusman akan dijadikan sebagai salah satu wilayah sentral penanaman jagung kuning. “Alhamdulillah sudah masuk CPCL 600 hektar untuk jagung dan Insya Allah kemarin saya bertemu Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dalam waktu dekat dia akan datang ke Muna. Insya Allah kita akan fokuskan di Kabawo,” pungkasnya (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top