KONAWE SELATAN

Surunuddin Inginkan Laonti Tak Jadi Daerah Tertinggal

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, mengajak Kepala Desa (Kades) untuk sinergitas dan sinkronisasi program yang ada di Desa dan Kabupaten, hal ini demi terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat, yang didalamnya mencakup penurunan angka kemiskinan, pengentasan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), peningkatan kualitas layanan Pendidikan dan Kesehatan di Desa masing-masing, Senin (3/2).

Hal tersebut dikatakannya, saat melantik 12 Kades terpilih di lapangan sepak bola Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara (Morut) dan di Kecamatan Laonti. Dijelaskannya, bahwa untuk wilayah Kecamatan Moramo dan Morut, Pemda telah melakukan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan serta sarana publik lainnya.

“Hal itu seperti yang terlihat pada ruas jalan penghubung lintas Kecamatan, antara Kecamatan Konda ke Kecamatan Moramo yang telah diaspal, termasuk membebaskan Desa Lamokula Kecamatan Morut yang setiap tahunnya menjadi langganan banjir,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk di Kecamatan Laonti, Pemda telah membuka dan meningkatkan infrastruktur jalan, yang diharapkan dapat memberi akses terhadap potensi SDA yang ada di Laonti, termasuk di bidang Kesehatan yang Tahun ini juga akan di bangun Puskesmas di Desa – Desa Terdepan.

“Akses Jalan untuk wilayah Laonti telah kita bangun, dari Lapuko ke Laonti, Kolono Timur ke Namu, Desa Malaringgi ke Desa Tue-Tue, juga bakal kita bangun Puskesmas, ini kita lakukan untuk membuka keterisolasian dan mendukung Laonti sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dibidang pariwisata,” beber Surunuddin.

Lebih lanjut, untuk dibidang Pendidikan, pihaknya telah membangun gedung SKB, rehabilitasi RKB, Perpustakaan dan menyediakan perumahan khusus guru, yang juga diresmikan penggunannya, termasuk penyediaan jaringan Telekomunikasi, yang saat ini telah selesai pembangunan towernya, dan dalam minggu ini akan dilakukan pemasangan alat transceiver.

“Apa yang kita lakukan, merupakan bagian dari langkah-langkah Pemda dalam mempersiapkan Desa-desa yang ada, untuk menjadi Desa berkembang, yang selanjutnya menjadi Desa Maju. Dengan dukungan penuh seluruh elemen masyarakat. Jadi, mari kita kembangkan Desa masing-masing, sebagai wujud kepedulian dan tanggung jawab sesuai dengan sumpah yang telah diucapkan, untuk kepentingan masyarakat, bukan karena kepentingan diri sendiri, keluarga dan golongan, namun demi memajukan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Surunuddin berharap, diakhir masa jabatannya, Laonti telah keluar dari daerah tertinggal, yang didukung dengan pembangun-pembangunan yang telah dilaksanakan oleh Pemda sesuai RPJMD 2016 – 2021. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top