BERITA UTAMA

Taman Tugu Patung Kuda Muna Barat Roboh

Puing-puing bangunan yang ambruk masih berserakan di taman tugu kuda simpang tiga jalan poros Liabalano-Lagadi kecamatan Lawa, Muna Barat

KOLAKAPOS, Raha — Pondasi dan empat pilar di taman tugu patung kuda di pertigaan poros Liabalano-Lagai, kecamatan Lawa, Muna Barat roboh. Padahal, bangunan yang menelan anggaran Rp985 juta melalui APBD 2019 itu, baru sebulan lebih rampung.

Akibatnya, dari sebelas pilar yang bertuliskan nama kecamatan di Muna Barat, tersisa tujuh saja. Empat pilar yang roboh tersebut merupakan pilar untuk kecamatan Kusambi, Tiworo Selatan, Tiworo Utara dan Wadaga.

Salah seorang pekerja yang tengah membersihkan puing-puing bangunan tersebut mengakui pondasi tugu tidak menggunakan cakar ayam maupun sloof beton. “Tidak ada cakar ayam. Baru mau dipasangankan cakar ayam dan sloofnya ini. Perkiraan besi yang akan digunakan sekitar 100 batang ini,” singkat pria yang enggan menyebut namanya, sembari menggali lubang dibawah pondasi sisa reruntuhan.

Terpisah, Kasi Intel Kejari Muna, Laode Abdul Sofyan rupanya sudah mengetahui insiden robohnya pondasi taman tugu kuda di Muna Barat. Namun ia enggan berkomentar banyak karena menunggu instruksi dari atasannya. “Jangan dulu, saya juga baru melaporkan hal itu pada pimpinan (Kajari Muna, Husin Fahmi). Saya tunggu dulu tanggapan pimpinan baru saya infokan,” singkatnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top