BERITA UTAMA

Tiga Calon Sekda Bombana Gugur

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Rumbia — Tahapan seleksi Pemberkasan calon Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten Bombana telah usai 31 Januari. Dari sembilan calon yang mendaftar, tiga diantaranya dinyatakan gugur. Ketiganya yakni kepala dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Janariah, Asisten III Engki dan Staf Ahli Bupati Bagian Pemerintahan, Ramsi.

Sementara yang dinyatakan lolos berkas yakni Kepala Dinas Perindustrian perdagangan dan UKM Azis Fair, Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu PMPTSP H.Pajawa Tarika, Kepala Dinas Kesehatan dr Sunandar, Kepala Inspektorat Man Arfa, Kadis Lingkungan Hidup Alimuddin, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Utara, Basiran.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Rusman Idja di ruang kerjanya, Selasa (4/2) mengatakan, ketiga calon Sekda digugurkan karena melampaui batas usia yang disyaratkan 56 tahun. “Aturannya seorang calon sekda pasca saat dilantik harus berusia maksimal 56 tahun, sementara usia tiga orang tersebut sudah lebih dari 56 tahun,” ungkap mantan asisten III itu.

Selain usia, ketiganya terbentur aturan karena tidak memiliki sertifikat Diklatpim II. “Ini juga salah satu syarat yang harus di miliki sebagai dasar tunjangan jabatan bila mereka dilantik menjadi sekretaris daerah,” ungkapnya.

Setelah tahapan pemberkasan selesai, keenam pamong tersebut akan mengikuti tahapan selanjutnya yakni assesment yang pengujinya merupakan tim assesor dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Selanjutnya, para calon Sekda akan mengikuti ujian membuat karya tulis dan wawancara. Pad asesi tersebut, pengujian akan dilaksanakan oleh panitia seleksi Sultra yang terdiri dari Pj Sekprov Sultra selaku ketua, kepala BKPSDM Sultra, akademisi dari pihak perguruan tinggi dan tokoh masyarakat.

Untuk pelaksanaan seleksi calon sekda akan dilaksanakan 11 hingga 14 Februari di BKPSDM Sultra. Dari seleksi tersebut, hasilnya akan diserahkan pada bupati tembusan gubernur, dan pemerintah pusat. “Yang jelas nantinya dari enam ini akan gugur tiga karena syarat dipemerintah pusat harus tiga, dan tiga itu diseleksi siapa yang pantas menduduki jabatan sekda,” tutupnya. (k6)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top