BERITA UTAMA

MTQ Bukan Sekedar Lomba, Bupati Tony Herbiansyah Buka MTQ ke VI Koltim

KOLAKAPOS, Tirawuta — Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke VI Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), dibuka senin (10/2). Seluruh, 12 kecamatan di Koltim turut ambil bagian. Tiap kecamatan menurunkan sekitar 250 peserta.

Rangkaian MTQ dibuka dengan pelepasan defile kontingen MTQ oleh Sekda Koltim, Eko Budiarto Saula dari desa Simbune, menuju garis finish di kompleks lapangan perkantoran Lalingato. Sebelum melepas defile, Eko sempat menyampaikan kegiatan MTQ tersebut merupakan bagian dari kehidupan beragama, selain itu kegiatan ini juga bertujuan sebagai ajang silaturahmi antar masyarakat Koltim. Tidak sekedar mengejar prestasi, MTQ kata Eko, mengandung banyak nilai-nilai agama. “MTQ ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahahaman dan pengamalan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan nyata masyarakat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain menjadi media silatuhrahmi keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi bukti daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan, terutama dalam segi keagamaan serta mewarnai akhlakul karimah masyarakat Koltim,” terangnya.

Bupati Kolaka Timur, Tony Herbiansyah, menyampaikan, MTQ tersebut merupakan wujud ketaatan diri dalam mengamalkan apa yang terkandung dalam kitab suci Alquran. Karenanya, ia meminta apa saja yang diperlombakan di MTQ, tidak hanya sekedar lomba saja, tetapi dipahami dan diaplikasikan dalam kehidupan nyata. “Selain berisi nilai-nilai keagamaan dan keimanan, Alquran juga mengandung sumber ilmu pengetahuan yang diperuntukkan bagi umat manusia. Alquran juga berisi kisah-kisah sejarah, falsafah hidup, kemuliaan dan keteladanan serta pesan-pesan yang luhur dan agung,” terang Tony.

Untuk itu, MTQ ini jangan hanya di jadikan sebagai ajang prestasi melainkan di pahami dan di jalankan makna yang terkandung di dalamnya sebagai bagaian syiar kepada umat muslim semua.

MTQ ke VI Koltim, memperlombakan cabang seni baca Al Quran, Qiraat, Tafsir, Fahmil, Hafalan, Syarah, Seni Kaligrafi dan karya tulis ilmiah Al Quran. “Target kita agar Qori dan Qoriah asal Koltim, bisa kembali ambil bagian dalam ajang MTQ tingkat Nasional, makanya kita memacu perprestasi lebih banyak. Dan dari delapan cabang yang diperlombakan kita harapkan semua dapat prestasi dan mengambil bagian hingga ke tingkat provinsi dan nasional. Dan untuk Qori dan Qoriah yang berprestasi kami sediakan reward dan biaya pembinaan,” terang bupati Koltim. (m2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top