BERITA UTAMA

USN Berkibar Lagi Diajang Nasional

Mahasiswa USN Kolaka berhasil mengukir prestasi di ajang Indonesian Student Mining Competition (ISMC) XII yang digelar di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2 hingga 9 Februari 2020. FOTO: Ist/ Kolaka Pos

Mahasiswa USN Raih Prestasi di ISMC

 

KOLAKAPOS, Kolaka — Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka berhasil mengukir prestasi di ajang Indonesian Student Mining Competition (ISMC) XII yang digelar di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2 hingga 9 Februari 2020. Pada ajang itu, Tim USN yang terdiri dari Reza Resitha Aras, Putu Eden Suardika, Chanro Silaban, Andi Zulkifli Sugma, David Sitampan, Aldianto, dan Qhariza Alif berhasil menyabet juara 2 pada kompetisi Rock Drilling dan juara 3 pada kompetisi Geotechnical Software.

Rektor USN Kolaka, Azhari mengapresiasi prestasi yang berhasil diraih mahasiswanya. Katanya, prestasi tersebut diraih berkat keuletan para mahasiswa dalam berusaha dan bersinergi. “Alhamdulillah anak-anak kami bisa mendapatkan prestasi. Insya Allah semangat berkarya adalah modal utama menggapai kesuksesan,” ucapnya, Senin (10/2).

Azhari menambahkan, pihaknya selalu mendukung setiap kegiatan mahasiswa dalam hal mengembangkan bakat akademiknya. Salah satu bukti dukungan tersebut yaitu dengan memberikan beasiswa PPA kepada mahasiswa berprestasi. “Semoga mahasiswa program studi lainnya juga dapat terpacu untuk berprestasi dan mengharumkan nama perguruan tinggi,” ujarnya.

Menamai tim sebagai Maroon Ruby Team, mereka adalah Reza Resitha Aras, Putu Eden Suardika, Chanro Silaban, Andi Zulkifli Sugma, David Sitampan, Aldianto, dan Qhariza Alif. Kedelapan mahasiswa dan mahasiswi tersebut merupakan mahasiswa dan mahasiswi Teknik Pertambangan, Fakultas Sains dan Teknologi, USN.

Tim mahasiswa Kampus Merah Marun ini berhasil menyabet dua gelar juara pada kompetisi Indonesian Student Mining Competition (ISMC) XII di Institut Teknologi Bandung (ITB), 2 – 9 Februari 2020.

Sementara itu, salah satu mahasiswa USN peserta kejuaraan tersebut, Reza Resitha Aras mengatakan ISMC digelar setiap dua tahun sekali di ITB, dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, khususnya jurusan Teknik Pertambangan. Dari 16 kompetisi pertambangan yang diperlombakan, Tim USN berhasil menang sebagai juara 2 pada kompetisi Rock Drilling dan juara 3 pada kompetisi Geotechnical Software. “Prestasi ini sesuatu yang sangat disyukuri, karena banyak kampus besar lainnya yang juga ikut kompetisi tersebut. Alhamdulillah USN berhasil mengharumkan nama teman-teman dari Sulawesi dan almamater USN sendiri,” ujarnya melalui pesan WhatsApp.

Peserta lainnya, Putu Edan Suardika menambahkan kompetisi yang diikuti bukan sesuatu yang bisa dilewati dengan mudah. Sebab, ada 16 kampus yang mengikuti kompetisi ISMC seperti ITB, Unsri, dan UPN yang menjadi saingan terberat bagi timnya.

Kata Putu, prestasi yang diraih berkat semangat dan usaha yang dilakukan selama masa persiapan sejak November 2019 lalu, untuk bisa menjadi yang terbaik. “Kami mulai persiapan dari November 2019 lalu, bentuk persiapan kami yaitu mempelajari setiap item-item lomba yang dibantu oleh dosen-dosen di pertambangan,” jelasnya.

Ia pun mengatakan keberhasilan yang diraih ini tentunya tidak terlepas dari semangat dan kerja keras tim, serta dukungan Rektor USN, Dekan Fakultas Saintek dan Dosen Teknik Pertambangan, mahasiswa serta mahasiswa teknik lainnya. Juga termasuk PT Antam Tbk UBPN Sultra dan PT Lamario Celebes Perkasa. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top