METRO KOLAKA

215 Siswa SMPN 1 Wundulako Siap Ikuti USBK

Kepala SMP 1 Wundulako Heryanto bersama ketua panitia USBK, Fatmawati. FOTO: Neno/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — SMP Negeri 1 Wundulako memastikan kesiapannya untuk melaksakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) pada bulan Maret mendatang.
Kepala SMPN 1 Wundulako, Heryanto S.Pd, M.MPd mengatakan meski fasilitas komputer sekolah belum memadai, pihaknya tetap siap melaksanakan USBK. Pelaksanaan USBK tahun ini akan menjadi yang pertama di SMPN 1 Wundulako, dan akan diikuti sebanyak 215 siswa. Sebelumnya ujian sekolah masih dilakukan secara manual. “Insya Allah dengan segala persiapan yang kami telah lakukan USBK siap kami laksanakan,” ujar Heryanto meyakinkan, Rabu (12/2).

Heryanto mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan komputer pihaknya akan meminjam laptop yang dimiliki siswanya dan guru-guru. “Ada tambahan komputer sepuluh dan laptop dua yang kita siapkan, jadi total komputer sekolah yang ada saat ini berjumlah 35 unit, sementara yang harus kita siapkan sebanyak 75 unit. Akan tetapi siswa yang memiliki laptop bisa membawanya sehingga akan menutupi kekurangan komputer,” tuturnya.

Untuk memantapkan kesiapan siswa, sejuah ini pihak sekolah telah melaksanakan simulasi USBK dan berjalan lancar. Rencananya, simulasi akan kembali digelar sebelum hari H pelaksanaan USBK. “Hal ini dilakukan agar siswa akan lebih paham saat mengerjakan soal di komputer,” ucapnya.

Saat ini, tambah dia, panitia sementara menyiapkan soal USBK. Rencananya jumlah soal sebanyak 45 nomor, yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan lima soal esay test. “Jadi gabungan guru mata pelajaran yang akan membuat soal yang mencapai 40 soal pilihan ganda 5 esay. Jadi nanti akan sama dengan sistem CAT, nilai siswa akan langsung muncul ketika selesai mengerjakan soal. Dan tahun ini hanya tiga sekolah yang akan melaksanakannya yakni SMP 1 Kolaka, MTs 1 Kolaka, dan sekolah kami SMPN 1 Wundulako,” jelasnya.

Ia berharap, pelaksanaan USBK bisa berjalan lancar tanpa ada kendala. Selain itu, siswa juga dapat memenuhi target nilai yang diharapkan. “Kita harapkan semuanya bisa memuaskan,” pungkas Heryanto. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!