BERITA UTAMA

Semua Investasi PT.Merbau di Konsel Bermasalah

Ketua Komisi II DPRD Konsel, Tasman Lamuse

KOLAKAPOS, Andoolo — Beroperasi sejak 2008, perusahaan perkebunan kelapa sawit, PT.Merbau Indah Jaya Raya dituding selalu menimbulkan masalah bagi warga Konsel. Ketua Komisi II DPRD Konsel, Tasman Lamuse, Rabu (12/2) menyatakan hal tersebut.

Menurut Tasman, tidak saja aduan baru ini oleh masyarakat Kecamatan Palangga, Laeya dan Palangga Selatan. Penyerobotan lahan dan tidak jelasnya pebayaran plasma oleh PT.Merbau, terjadi di seluruh wilayah produksinya di Konsel. “Dimana ada investasi PT. Merbau di Konsel semuanya pasti bermasalah, hal itu dapat saya pastikan berdasarkan hasil reses kami di lapangan, dan rata-rata masyarakat melaporkan terkait itu,” bebernya.

DPRD Konsel kata Tasman, akan memanggil PT.Merbau untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP). Ia berharap RDP tersebut dihadiri oleh pimpinan perusahaan, tentu dengan data yang sudah kompleks dari seluruh Desa yang bermasalah. “Ini juga kita akan dudukan bersama dengan Pemda setempat, agar bagaimana tuntutan masyarakat ini bisa terselesaikan, RDP juga sudah sering kita laksanakan, namun perusahaan hanya mengirim perwakilan saja sehingga tidak pernah ada solusi, jadi perusahaan ini memang sangat nakal,” ungkapnya.

Jika dalam proses ini perusahaan juga tidak mengindahkan, maka langkah DPRD Konsel akan menyampaikan hal ini ke DPR RI, untuk memanggil pucuk pimpinan PT. Merbau agar segera dilakukan evaluasi akibat masalah yang ditimbulkannya. “PT. Merbau sejak Tahun 2008 sampai hari ini, masih banyak menimbulkan masalah ditiap Desa, diantaranya pembebasan lahan warga dimana tanpa sepengetahuan pemilik langsung digusur, tentunya ini sangat memperihatinkan. Sehingga kami DPRD tidak akan berhenti memperjuangkan hak-hak masyarakat yang tertindas akibat ulah PT. Merbau,” tegasnya. (k5)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top