BERITA UTAMA

Perusda Siap Jadi Lokomotif Ekonomi Kolaka

Staf dan direksi Perusda saat melaksanakan Yasinan di kantor Perusda. Dengan tekad tinggi, Perusda siap menjadi lokomotif penggerak perekonomian Kolaka.

KOLAKAPOS, Kolaka — Perusahaan daerah (Perusda) Aneka Usaha Kolaka bertekad menjadi lokomotif penggerak perekonomian Kolaka. Tidak hanya mengandalkan pertambangan, Perusda juga sudah siap melebarkan sayap investsi ke bidang perdagangan, jasa dan perumahan.

Direktur Utama Perusda Armansyah melalui Kepala Divisi Pertambangan dan Industri Perusda, Haning Abdullah mengatakan, target usaha Perusda saat ini tidak hanya semata penyuplai Pendapatan Asli Daerah. Tetapi Perusda bertekad menjadi lokomotif penggerak perekonomian daerah. “Itu tekad kami, bahwa kedepannya Perusda ini menjadi lokomotif penggerak perekonomian daerah,” ujar Haning ditemui usai kegiatan “yasinan” bersama di Kantor Perusda, Kamis (13/2) malam.

Khusus sektor pertambangan, mulai tahun ini, Perusda akan memberdayakan pengusaha lokal sebagai mitranya. “Kami sepakat bahwa pendana atau buyer dari luar itu hanya bisa masuk untuk melakukan pembelian, tetapi pelaksana di lapangan itu kami akan berdayakan pengusaha lokal. Jadi kontraktor-kontraktor itu kami tidak mau lagi yang dari luar, karena kami ingin menciptakan bahwa pengusaha lokal ini merasa memiliki Perusda. Kita berharap di tahun 2020 ini Perusda bagaimana bisa berdiri di atas kaki sendiri, dan menolong diri sendiri,” katanya.

Ia mengungkapkan, bahwa saat ini usaha pertambangan Perusda berjalan sesuai aturan main tambang. Haning juga
bersyukur, saat ini Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) Perusda sudah disetujui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). “Alhamdulillah kalau kita berbicara dari sisi program khususnya di divisi pertambangan ini kita berupaya menjalankan usaha berdasarkan peraturan Perundang-undangan tentang tambang. Saat ini juga kita sudah lakukan workshop, pembuangan limbah, dan Cekdam. Kami juga tekankan kepada mitra bahwa untuk penggunaan bahan bakar harus BBM industri melalui keagenan resmi,” ujarnya.

“Sekali lagi saya katakan bahwa Perusda ini harus bisa berdiri di atas kaki sendiri dan menolong diri sendiri,” tambahnya.

Haning juga mengungkapkan bahwa dua divisi Perusda lainnya, yakni divisi perdagangan dan jasa, dan perumahan dipastikan akan mulai menjalankan programnya. “Insya Allah dua divisi ini sudah akan mulai merealisasikan programnnya tahun ini. Untuk divisi perdagangan dan jasa, sebentar lagi kita akan membuka usaha perbengkelan,
peternakan dan semen. Kemudian pada divisi perumahan kami tengah menjajaki kerjasama dengan developer yang memang profesional dan mampu untuk berivestasi di Kolaka ini melalui sektor perumahan, dan memang sudah ada
salah satu perusahaan yang sudah bertemu dengan pak Dirut untuk merealisasikan program itu,” bebernya.

Kepala Divisi Perdagangan dan Jasa Perusda, M. Ardan Surya menambahkan, rencana kerja disektor perdagangan dan jasa, Perusda setidaknya akan segera menjalankan tiga usaha. Yakni usaha perbengkelan, pertenakan dan menjadi penyedia salah satu jenis semen. Kata dia, khusus usaha perbengkelan rencananya Perusda akan meminta dukungan Pemkab Kolaka agar perbaikan dan perawatan mobil dinas akan diarahkan ke bengkel Perusda. “Mohon doa dan dukungannya, semoga semua rencana kerja kami bisa berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Sekedar informasi, pada Kamis (13/2) malam, unsur pimpinan dan karyawan Perusda kembali menggelar yasinan bersama di kantornya. Kegiatan tersebut telah menjadi agenda rutin Perusda sejak beberapa pekan ini. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top