BUTON UTARA

Bupati Butur: Sensus Penduduk Penting dalam Membuat Perencanaan Pembangunan

Bupati Butur Abu Hasan saat memberikan sambutan

KOLAKAPOS, Buranga — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar rapat koordinasi dan sosialisasi Sensus Penduduk 2020 di Aula Bappeda Butur, Selasa (18/2).

Kegiatan yang diselenggarakan satu hari ini dibuka secara resmi oleh Bupati Butur, Abu Hasan dan turut hadir Sekda, Muhammad Yasin, Kepala BPS Butur, Burhanuddin, sejumlah kepala OPD serta undangan lainnya.

Bupati Buton Utara, Abu Hasan dalam sambutanya mengatakan, bicara statistik adalah bicara angka-angka, data dan informasi. Kemudian menjadi bahan untuk mengambil keputusan, baik keputusan dalam rangka pembangunan maupun dalam rangka evaluasi.

“Inilah pentingnya angka-angka statistik, setiap saat kita temui sehingga kita tidak salah membuat perencanaan pembangunan, dalam mengimplementasikan program-program dan terutama dalam melakukan evaluasi,” katanya.

Oleh karena itu, kata Abu Hasan, besar harapannya agar Buton Utara terus mengikuti denyut nadi visi pembangunan nasional melalui peningkatan sumber daya manusia. “Kita tidak punya pilihan lain, harus terus ditingkatkan. Saya berharap juga aparatur sipil negara terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia masing-masing, dan saya akan terus bergerak mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia di tahun 2020-2021. Mudah-mudahan sumber daya manusia Buton Utara tidak kalah dengan daerah lain di Sultra,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala BPS Butur Burhanuddin mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut adalah menggenjot keaktifan pada seluruh masyarakat, terutama yang bisa menggunakan ITE dengan baik.

“Sensus online ini caranya mudah, hanya membuka web sensus.bps.go.id, itu akan keluar kuisionernya langsung mengisi mandiri. Jadi bekal kita hanya dua, yaitu NIK dan kartu keluarga. Sensus online ini dimulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020,” ujarnya. (k10/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top