KOTA KENDARI

Mangkrak, Proyek Ratusan Miliar Tower Bank Sultra, DPRD Sultra Lakukan Sidak

DPRD Sultra Saat Melakukan Sidak Pembangunan Tower Bank Sultra. FOTO: Kadamu/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari — Pembangunan tower Bank Sultra yang menelan anggaran ratusan miliar terlihat mangkrak. Pasalnya, mega proyek yang dibangun saat zaman kepemimpinan Gubernur Nur Alam, hingga saat ini belum rampung 100 persen.

Akibatnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Komisi I dan Komisi II yang dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Heri Asiku melakukan sidak di lokasi proyek itu, Selasa, 18 Februari 2020.

Dimana, pembangunan Bank Sultra yang dibangun di lokasi eks Islamic Center atau tepatnya berada di jalan Abdullah Silondae Mandonga, Kota Kendari menelan anggaran 116 miliar terlihat belum tuntas pembangunannya.

Berdasarkan Pantauan Kolaka Pos bangunan 14 lantai itu, saat ini yang sudah rampung baru 7 lantai, tersisa 7 lantai lagi yang belum selesai dibangun.

Heri Asiku mengatakan, dalam sidak yang dilakukan DPRD Sultra ini sebenarnya untuk mengetahui kapan akan difungsikan bangunan 14 lantai ini. Karena diketahui bersama, bangunan itu makin lama makin rusak jika tidak dimanfaatkan.

Selain itu, pihaknya berharap agar pembangunan ini segera dituntaskan, sehingga bisa meningkatkan Pendapatan Aset Daerah (PAD) Sultra. “Kami DPRD mendorong pengusaha pengusaha tambang yang ada di Sultra untuk menempati bangunan ini, sehingga mendapatkan tambahan PAD,” jelasnya.

Plt Kepala Bank Sultra Abdul Latif mengucapkan terima kasih kepada DPRD Sultra, karena telah memberikan perhatiannya, dalam hal ini melakukan sidak. Ia juga menegaskan, tahun ini pembangunan tower Bank Sultra bisa dituntaskan, dengan demikian akan segera digunakan. “Iya, secepatnya akan diselesaikan, karena disisi lain, biaya listriknya perbulannya mencapai Rp 100 juta meski belum dimanfaatkan,” paparnya.

Selain itu, ia membenarkan pembangunan mega proyek untuk tahap awal sudah menelan anggaran 116 miliar. Dan untuk menuntaskan bangunan 14 lantai itu membutuhkan biaya kurang lebih 55 miliar lagi. “Jika sudah selesai, maka kami akan menyampaikan kepada DPRD untuk mendorong para investor investor yang ada di Sultra untuk bekerja sama dengan Bank Sultra,” tutupnya. (p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top