BERITA UTAMA

KPU Konsel Buka Tahap Penyerahan Dokumen

Komisioner KPU Konsel, Asriani

Syarat Dukungan Calon Perseorangan 10 Persen

 

KOLAKAPOS, Andoolo — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Konawe Selatan, telah membuka penyerahan dokumen syarat dukungan calon perseorangan, untuk Pilkada Konsel.

Komisioner KPU Konsel, Asriani, mengatakan penyetoran syarat dukungan bagi bakal calon perseorangan dimulai Tanggal 19 sampai 23 februari 2020.”Kami sudah menggelar pleno terkait batas penyerahan dokumen dukungan, bagi bakal calon perseorangan di Pilkada nanti. Sehingga batasnya itu Tanggal 23 Februari 2020 tepat pukul 00:00 Wita,” ungkapnya.

Divisi teknis KPU Konsel ini mengatakan batas minimum syarat dukungan calon perseorangan untuk Pilkada Konsel, sebesar 10 persen dari total DPT 202.838. “Sehingga minimal syarat dukungan yang harus dipenuhi itu sekitar 20.284 dan tersebar minimal 13 Kecamatan dari 25 kecamatan yang ada di Konsel,” jelasnya.

Untuk penyerahan dokumen dukungan, sebelumnya KPU sudah melayani beberapa konsultasi baik itu via telepon maupun langsung. “Kemarin sudah ada yang pernah datang atas nama Ahmad Baso. Nah kita juga sudah berkoordinasi dengan yang bersangkutan terkait kesiapannya. Karena Tanggal 19 sampai tanggal 23 Februari itu adalah batas penyerahan dokumen dukungan bagi calon perseorangan,” imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakannya, calon perseorangan terlebih dahulu memasukkan surat mandat ke KPU. Selanjutnya KPU, dari divisi teknis itu akan memberikan user name dengan password.”Sehingga mereka dapat menginput sendiri dokumen-dokumennya. Karena dokumen itu merupakan syarat awal yang harus dipenuhi bagi bakal calon perseorangan,” jelasnya.

Ditambahkan, jika sampai dedline waktu Tanggal 23 Februari tidak memenuhi syarat dokumen dukungan, maka untuk bakal calon perseorangan untuk KPU Konsel dinyatakan nihil atau kosong. Begitupun sebaliknya, kalau memenuhi syarat minimal, maka dapat dilanjutkan pada tahap selanjutnya verifikasi administrasi dan faktual. “Terkait masa perpanjangan, sampai saat ini belum ada petunjuk. Jadi dimungkinkan tidak ada untuk masa perpanjangan tersebut. Untuk saat ini berdasarkan ketentuan PKPU nomor 16 sesuai dengan jadwal tahapan dan program, hanya Tanggal 19 sampai tanggal 23 Februari 2020,” ungkapnya.

Penerimaan dokumen dukungan ini, tambah dia, adalah salah satu upaya untuk mencegah yang namanya calon tunggal. Sehingga diharapkan ada putra-putri terbaik bangsa mungkin yang berminat mengambil jalur perseorangan untuk maju ke pemilihan Bupati. Supaya mencegah yang namanya kotak kosong. K5

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top