BUTON UTARA

KPU Butur Selektif Rekrut PPS

Tempat pendaftaran calon PPS.

KOLAKAPOS, Buranga — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur) membuka pendaftaran anggota panitia pemungutan suara (PPS), pemilihan bupati dan wakil bupati Buton Utara tahun 2020, sejak 18 Februari dan berakhir Senin (24/2), pukul 24:00 Wita.

Ketua KPU Butur, Hasruddin mengungkapkan, tahapan saat ini dalam proses penerimaan berkas calon anggota PPS. Jumlah yang telah menyetor berkas kurang lebih 700 orang. Sementara yang akan diterima 270 orang.

“Saat ini proses penerimaan berkas, yang mau diterima seluruh Kabupaten Buton Utara 270 orang. Untuk ditempatkan di 90 desa/kelurahan, satu desa 3 orang,” kata Hasruddin saat ditemui di gudang logistik KPU, Senin (24/2).

Hasruddin menjelaskan, untuk selanjutnya masih berjalan peoses tahapan PPS hingga Maret, kemudian penerimaan dukungan syarat bakal calon bupati dan wakil bupati perseorangan, yang telah ditutup sejak kemarin malam pukul 24:00 Wita.

“Penerimaannya kami suda tutup tadi malam di kantor KPU di Buranga, dan yang mendaftar satu pasang yaitu La Ode Herman Iskandar dan La Ode Muh Ismail Saleh,” ungkapnya.

Selanjutnya akan dilaksanakan pelantikan PPK pada 29 Februari, kemudian 1-2 Maret akan melaksanakan bimbingan teknis PPK se Kabupaten Buton Utara. Selanjutnya akan ada tes tertulis bagi calon PPS se-Butur pada 1 Maret.

“Pada tanggal 1 (Maret, red) itu, proses kami bagi dua zona. Untuk zona satu terdiri dari Kecamatan Kambowa dan Bonegunu. Untuk zona dua terdiri Kecamatan Kulisusu, Kulisusu Barat, Kulisusu Utara dan Wakorumba Utara. Kenapa kami melakukan tes dua zona, alasannya untuk mempermudah peserta tes, karena mengingat jarak Kambowa dan Ereke itu sangat jauh, sehingga kami memilih dua zona untuk lebih efektif pelaksanaan tes,” jelasnya. (k10/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top