BERITA UTAMA

Libatkan Empat Pelajar, L Gasak Puluhan Motor

Tersangka (baju orens) dan barang bukti hasil curian yang telah diamankan oleh Aparat kepolisian.

KOLAKAPOS, Kolaka — Seorang warga Kolaka timur diciduk Tim Elang Anti Bandit Kepolisian Resort Kolaka karena melakukan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor roda dua. Mirisnya, dalam menjalankan aksinya pelaku melibatkan empat anak dibawah umur berstatus pelajar.

Kapolres Kolaka, AKBP Syaiful Mustofa, saat konferensi pers di halaman kantor Polres Kolaka, (24/2) mengatakan, pelaku yang kini ditetapkan tersangka itu, berinisial L. “Dari keterangan yang ada, sudara L melaksanakan aksinya bersama dengan teman-temannya berjumlah empat orang, dan masih dibawah umur, rata-rata masih berstatus pelajar”, papar Syaiful Mustofa.

Keempat tersangka dibawah umur itu, tidak ditahan, namun proses hukumnya tetap berjalan. “Berdasarkan UU perlindungan anak, mohon maaf tidak bisa kami sampaikan, dan kepada mereka juga kita tidak lakukan penahanan namun proses hukumnya tetap berjalan,” jelasnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap tersangka, lanjut Kapolres, tersangka mengaku telah melakukan aksi pencurian kedaraan bermotor roda dua sebanyak 20 kali dengan lokasi berbeda. “Ada 8 unit kendaraan sepeda motor kami amanakan, ini merupakan hasil pengembangan dari pengakuannya sebanyak 20 TKP, dan masih terus kita lakukan pengembangan, untuk 8 sepeda motor yang yang kita amankan ada satu dengan TKP Kolaka, satu TKP Konawe Utara, dan 6 TKP di wilayah hukum Polres Kendari dan kita juga masih terus lakukan pengembangan bersama jajaran kepolisian di Kendari, dan ada satu unit mobil xenia merah yang digunakan pelaku kita amankan dulu,” terangnya.

Terbongkarnya aksi pencurian tersangaka, kata Kapolres, bermula dari laporan masyarakat lalu dikembangkan oleh aparat kepolisian. “Pertama berdasarkan aduan saudara mursalin yang memiki usaha rental kendaraan, yang kendaraannya telah tiga hari belum dibayarkan tersangka, dan setelah ditelusuri ternyata STNKnya telah digadaikan kepada seseorang dan telah DPO, kemudian kami juga menerima alporan dari saudari Nurni warga Lambandia, mahasiswi yang telah melaporkan motornya hilang, dari situlah kita lakukan pengembangan bekerjasama dengan rekan-rekan kepolisian di jajaran Polsek Rate-rate, Polres Konawe dan Kendari, sehinga tersangka bisa kita amankan dan berupa barang bukti lainnya,” ungkapnya. (mir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top