BERITA UTAMA

Akreditasi SAKIP Bombana Meningkat, Raih Penghargaan SIKIP Akreditasi B

Bupati Bombana, H.Tafdil

KOLAKAPOS, Rumbia — Kerja keras Bupati Bombana, H.Tafdil dalam mendorong kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Buktinya, bupati dua periode ini berhasil meraih penghargaan atas prestasi akuntabilitas kinerja tahun 2019. Penghargaan tersebut terasa manis, karena tahun sebelumnya Pemkab Bombana hanya terakreditasi CC, tahun ini naik menjadi B.

Tafdil berharap, capaian itu menjadi loncatan untuk meningkatkan kinerja OPD selanjutnya. “Alhamdulillah kinerja OPD kita sudah ada peningkatan tiap tahunnya,semoga tahun-tahun berikutnya ada peningkatan lagi dari B menuju Ke A,”ujar Tafdil saat dikonfirmasi melalui HP, kemarin (25/2).

Kepala Bagian Humas Bombana, Andi Sofyan mengatakan penghargaan itu diberikan dalam hal perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Meski demikian lanjut Sofyan, pemerintah pusat tetap memberikan rekomendasi sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan di tahun berikutnya. Rekomendasi tersebut ditujukan agar setiap pemerintah daerah mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran agar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat “Rapor SAKIP ini bukan hanya menitik beratkan pada nilai yang diberikan. Namun juga menunjukkan bagaimana kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran dan pertanggung jawabannya dalam memberikan pelayanan dan kemanfaatan bagi masyarakat. Dalam rapor tersebut, KemenPAN-RB juga memberikan rekomendasi sebagai panduan bagi pemerintah daerah agar mampu untuk dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran agar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kepentingan masyarakat,” ungkap Sofyan.

Kabupaten Bombana mengalami peningkatan dimana tahun 2019 mendapat Nilai CC dengan skor 50,23 pada Pelaksanaan SAKIP Award 2018 dimakassar, dan tahun ini Bombana mendapatkan nilai B dengan skor 62. (k6)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top