KONAWE SELATAN

KPU Konsel Kembali Perpanjang Pendaftaran PPS

Ketua KPU Konsel Aliudin, S.Ip

KOLAKAPOS, Andoolo — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) kembali memperpanjang jadwal pendaftaran calon Panitia Pemungutan Suara (PPS), karena kuota yang dibutuhkan belum terpenuhi.

Ketua KPU Konsel, Aliudin mengungkapkan, seyogyanya rekrutmen PPS untuk 25 kecamatan di Konsel telah resmi ditutup pada Selasa (25/2) pukul 00.00 Wita. Namun karena masih terdapat 70 desa yang tersebar di 20 kecamatan belum memenuhi kuota, maka jadwalnya diperpanjang. “Sehingga KPU Konsel melakukan perpanjangan rekrutmen Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 70 desa yang tersebar di 20 kecamatan,” jelasnya.

Menurut Aliudin, perpanjangan jadwal tersebut sudah sesuai ketentuan yang berlaku. KPU boleh melakukan perpanjangan pendaftaran ketika kuota PPS di beberapa belum terpenuhi. “Perpanjangan dimaksudkan apabila desa-desa yang belum memenuhi kuota minimal enam calon jumlah pendaftar, maka desa tersebut akan dilakukan perpanjangan pendaftaran selama tiga hari ke depan. Sampai saat ini sudah ada 70 desa yang akan dilakukan perpanjangan dari 20 Kecamatan,” terangnya.

Adapun nama-nama desa yang dilakukan perpanjangan pendaftaran PPS yakni di Kecamatan Andoolo Barat, Desa Bima Maroa, Mataiwoi, Mateupe, Puundoho, Watumokala. Di Kecamatan Buke, Desa Adaka Jaya, Anggokoti, Asembu Mulya, Puuduria Jaya, Ranooha Lestari, Tetenggolasa, Wonua Maroa, dan Desa Wulele Jaya.

“Di Kecamatan Tinanggea, yakni Desa Akuni, Asingi, Lapoa, Lasuai, Matandahi, Panggoosi, Roraya, Teliti Jaya, dan Desa Torokeku. Kecamatan Angata, terdiri dari Desa Matabondu, Mokoau, Puunggoni, dan Desa Puureo. Sedangkan di Kecamatan Ranomeeto yakni Desa Amoito Siama, Rambu-Rambu Jaya, dan Desa Ranooha,” paparnya.

Selanjutnya, di Kecamatan Ranomeeto Barat yakni Desa Amokuni, Jati Bali dan Sindang Kasih, Kecamatan Mowila yakni Desa Ranombayasa. Di Kecamatan Sabulakoa yaitu Desa Ulu Sabulakoa. Begitu juga di Kecamatan Benua yakni Desa Awalo, Kosambi dan Desa Tetehaka. Selanjutnya di Kecamatan Landono yakni Desa Abenggi, Lalonggapu dan Desa Morini Mulya.

“Untuk di Kecamatan Basala yaitu Desa Epeesi, Lambandia, Tombekuku dan Desa Basala. Begitu juga di Kecamatan Konda yakni Desa Alebo, Cialam Jaya, Konda, Lalowiu, Lawoila, Masagena, Pumbulaa Jaya dan Desa Wonua. Di Kecamatan Laeya yakni Desa Labokeo. Di Kecamatan Lainea yaitu Desa Kaindi dan Bagun Jaya. Di Kecamatan Palangga yakni Desa Alakaya, Waworaha dan Desa Kapu Jaya,” sebutnya.

Terakhir, di Kecamatan Palangga Selatan yaitu Desa Lakara dan Waturapa. Di Kecamatan Wolasi yakni Desa Ranowila. Adapun di Kecamatan Moramo, tambah Aliudin, yaitu Desa Bakutaru, Puuduria Jaya dan Desa Watu Porambaa. “Sedangkan di Kecamatan Moramo Utara yakni Desa Lombuea, Mata Wawatu, Puasana dan Desa Sanggula. Demikian di Kecamatan Laonti yaitu di Desa Namu dan Tambolosu,” tutupnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top