METRO KOLAKA

Komunitas WBC Bakal Gelar Gowes Wisata dan Budaya

Komunikasi WBC yang siap melaksanakan gowes wisata dan budaya. Ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Sebagai bentuk partisipasi dalam memeriahkan HUT kabupaten Kolaka ke-60 tahun, sekaligus mempromosikan wisata budaya di wilayah kecamatan Wundulako, komunitas sepeda yang tergabung dalam Wundulako Bike Community (WBC), bakal melaksanakan gowes wisata dan budaya pada 1 Maret mendatang.

Ketua panitia kegiatan Firlan Muharram Alimsyah mengatakan, pihaknya saat ini telah mempersiapkan semaksimal mungkin dalam menggelar kegiatan gowes wisata dan budaya. Dalam kegiatan nanti, panitia akan menyimpan dua rute, dimana rute tersebut akan melewati beberapa historis budaya Kolaka.

“Kalau dari segi persiapan sudah 90 persen, karena sudah mempersiapkan segala sesuatunya dan kita juga sudah melakuan cek lokasi rute, yang rencananya akan ada dua rute yakni fune bike dan trail adventure. Kenapa kita kasih dua rute? Karena kita ingin memperlihatkan sekaligus promosikan potensi wisata budaya yang ada di wilayah kecamatan Wundulako,” katanya saat ditemui media ini, Rabu (26/2).

Menurut anggota DPRD Kolaka ini, kegiatan gowes wisata budaya ini, merupakan salah satu bentuk upaya untuk mempromosikan setiap potensi-potensi wisata dan potensi budaya, yang harus dikembangkan. Apalagi di wilayah Wundulako terdapat cagar budaya nasional.

Adapun output utamanya, agar pemerintah melalui Dispar yang sudah melirik potensi wisata budaya di Wundulako, agar bisa membuat suatu terobosan dalam mengembangkan situs budaya, karena selama ini kalau berbicara tentang wisata budaya di Kolaka belum bisa dijelaskan secara spesifik. “Jadi kita mengarahkan kesini, agar terkonsentrasi untuk mengembangkan wisata budaya kita,” jelasnya.
Apalagi tahun depan sudah akan dibangun salah satu cagar budaya di desa Bende.

“Terkait kenapa dinamakan gowes wisata budaya karena yang kita akan promosikan budaya kita, sehingga orang diluar Kolaka bisa tau juga terkait potensi wisata budaya yang ada di kecamatan Wundulako,” jelasnya.

Sejak dibuka pada 24 Februari lalu, Firlan mengaku para pendaftar tidak hanya di dalam wilayah Kolaka saja, akan tetapi pendaftar dari berbagai daerah hingga hari ini sudah banyak yang mendaftarkan diri, seperti dari Kolut, Kendari, Konawe dan wilayah lainnya. Selain itu, proses pendaftarannya gratis dan siapa saja boleh ikut dari semua golongan, baik anak-anak sampai orang tua. Apalagi ini juga merupakan rangkaian dalam memeriahkan HUT kabupaten Kolaka yang harus dimeriahkan.

“Allhamdulilah saat ini pendaftarnya sudah banyak dan panitia akan terus membuka sampai tanggal 29 Februari dan biayanya gratis. Kita prediksi juga peserta bisa mencapai ribuan orang. Kami juga siapkan doorprize bagi peserta yang beruntung, dengan doorprize utama sepeda yang akan diundi pada saat peserta semua sudah finis,” akuhnya.
Selain itu, kata Firlan, pihaknya berencana akan menampilkan tarian lulo, artinya hal ini dilakukan agar unsur budayanya semakin terasa.

“Jadi akan ada tarian lulo yang akan kita tampilkan, dan kita rencananya juga akan rangkaikan dengan sunatan massal. Kita akan berkolaborasi dengan pihak Puskesmas Wundulako, agar kegiatan ini semakin meriah,” tutupnya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top