BERITA UTAMA

Pilkada Muna Tanpa Calon Independen

Komisioner KPU Muna bagian Divisi Teknis, Muhammad Ichan

KOLAKAPOS, Raha — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna memastikan tidak ada calon perseorangan atau independen yang akan bertarung dalam Pilkada Muna 23 September mendatang. Pasalnya, hingga batas waktu pendaftaran jalur independen ditutup pada Minggu (23/2) malam, tidak satupun calon bupati maupun calon wakil bupati yang mendaftar di KPU Muna.

Komisioner KPU Muna bagian Divisi Teknis, Muhammad Ichan menyatakan, pendaftaran calon jalur independen dibuka sejak Rabu, 19 Februari hingga Minggu, 23 Februari pukul 24.00 Wita. Namun tidak satupun pendaftar yang memasukkan berkas ke KPU Muna. “Tidak ada calon perseorangan (independen) untuk Muna,” ucapnya pada Kolaka Pos via Whats App. Rabu (26/2).

Menurutnya, syarat jumlah minimum dukungan dan persebarannya pasangan calon independen Pilkada Muna 2020 adalah 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Pasalnya DPT Muna pada Pemilu 2019 berjumlah 145.594 orang. Maka pria yang karib disapa Ichan ini menegaskan, KPU Muna tidak melakukan perpanjangan pendaftaran jalur independen. “Tidak ada perpanjangan pendaftaran untuk calon perseorangan sesuai dengan PKPU nomor 16/2019,” tegasnya.

KPU Muna kata Ichan akan membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Muna pada Selasa, 16 Juni hingga Kamis, 18 Juni mendatang. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top