METRO KOLAKA

USN Target Hasil Maksimal Akreditasi Institusi

Tim Akreditasi USN Kolaka bersama Pemateri Bimbingan Teknis Akreditasi di Ruang Rapat Rektorat USN Kolaka, Senin (24/2). FOTO: Ist/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Akreditasi kampus menjadi hal mendasar dalam upaya membangun sebuah universitas yang bereputasi tinggi. Memahami kondisi tersebut, Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka sebagai Perguruan Tinggi Negeri Baru (PTNB) mengajukan diri untuk diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Adapun salah satu langkah yang ditempuh adalah mengadakan Bimtek II simulasi Akreditasi Perguruan Tinggi (APT), yang dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 2 Rektorat USN Kolaka, Senin (24/2).

“Sudah sekira 7 bulan kita bekerja dalam menyiapkan borang akreditasi institusi. Mulai dari konsolidasi internal, meminta pembinaan dari Kemenristekdikti, hingga peningkatan SDM dan sarana prasarana. Dari usaha-usaha tersebut kita mengharapkan USN Kolaka dapat memeroleh predikat akreditasi sangat baik. Adapun jika hasilnya berupa predikat baik, itu juga sudah maksimal karena sistem akreditasi ini merupakan proses yang berkelanjutan, dan USN Kolaka akan terus berbenah,” papar Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Prof. Ruslin Hadanu.

Perlu diketahui bahwa status atau predikat akreditasi, yang semula menggunakan predikat A, B dan C, saat ini telah disesuaikan dengan penggunaan predikat Unggul, Sangat Baik dan Baik.

Ketua tim akreditasi USN Kolaka, Roslina, mengakui bahwa apa yang sedang diusahakan USN sebagai sinyal bahwa USN peduli pada peningkatan kualitas. “Hal ini sesuai arahan Bapak Rektor (Dr. Azhari, red) bahwa Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) ini merupakan perwujudan komitmen USN Kolaka, terhadap penjaminan mutu institusi guna mendukung pencapaian visi USN Kolaka pada 2039 mendatang,” imbuh Roslina.

Sementara itu, Dekan FISIP USN, Nursamsir, menyatakan USN sudah maksimal bekerja dalam mempersiapkan akreditasi. “Saya kira perjuangan teman-teman panitia sudah luar biasa, namun ada beberapa catatan pada dokumen formal yang perlu dilihat lagi,” ujarnya.

Senada, Dekan FKIP, Nur Ihsan menyatakan USN sudah siap diakreditasi. “SDM USN Kolaka sudah siap menghadapi akreditasi institusi, sarana dan prasarana juga sudah cukup memadai, termasuk kriteria-kriteria akreditasi yang lain sudah baik. Dan yang perlu digenjot lagi yaitu akreditasi prodi-prodi baru di USN,” ujar Nur Ihsan.

Prof.Dr Mursalim selaku salah seorang pemateri Bimtek, melihat bahwa USN Kolaka sangat serius mempersiapkan akreditasi institusi ini. “USN sudah siap, tinggal memperbaiki sedikit data dan mempersiapkan dokumen pendukungnya. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah akreditasi di tingkat program studi. Harapan saya USN sudah bisa mendapat akreditasi Baik,” tandas Ketua Dewan Profesor Indonesia itu. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top