METRO KOLAKA

Waspada Penyakit Musim Pancaroba

KOLAKAPOS, Kolaka — Masyarakat dihimbau untuk mengantisipasi penyakit di musim pancaroba. Mulai dari gangguan pencernaan atau diare, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), hingga demam berdarah dengue (DBD). Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Masirri.

“Kami imbau warga untuk waspada dan bentuk antisipasi terhadap penyakit musim pancaroba ini adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” ujarnya.

Dia menjelaskan, paradigma sehat memang menjadi strategi yang tengah diterapkan Dinas Kesehatan kepada masyarakat. Hal ini dinilainya sangat penting, karena antisipasi untuk menangkal penyakit lebih baik daripada mengobati.

“Paradigma sehat itu artinya pandangan kita bukan hanya mengurus yang sakit, tapi bagaimana kita semua memikirkan bagaimana yang sehat tetap terpelihara kesehatannya, jangan sampai jatuh sakit,” katanya.
Masyarakat perlu untuk terus dihimbau, agar memelihara kesehatan melalui tindakan promotif dan preventif.

“Promotif dan preventif disini adalah bagaimana upaya kita meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan, bagaimana mencegah penyakit dan mengajak masyarakat untuk menerapkan pola atau gaya hidup sehat atau Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS),” tuturnya.

Untuk mengajak masyarakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat, Ia menjelaskan, pihaknya melibatkan semua pihak.

“Jangan sampai karena akses terbatas, maka warga yang kritis sulit mendapatkan pelayanan kesehatan. Disini fungsi semua pihak,” tandasnya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top