BERITA UTAMA

Bupati Resmikan Pasar Bokeo Ladumaa, Dawi-dawi

Bupati Kolaka H Ahmad Safei, SH, MH saat menandatangani prasasti pasar rakyat Dawi-dawi.FOTO:Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Bupati Kolaka, Ahmad Safei meresmikan penggunaan pasar Bokeo Ladumaa. Pasar yang dirancang menjadi ikon perekonomian warga tersebut, terletak di kelurahan Dawi-dawi, kecamatan Pomalaa. Peresmiannya dihadiri wabup Kolaka Muh Jayadin, Sekda Kolaka Poitu Murtopo, anggota DPRD Kolaka, manajemen PT Antam Tbk UBPN Sultra, dan pimpinan OPD lingkup Pemda Kolaka, Jumat (28/2).

Dalam sambutannya, Bupati Ahmad Safei bersyukur karena setelah bertahun-tahun, pasar tersebut akhirnya dapat dimanfaatkan. “Kami pemerintah akan terus melakukan pembenahan, namun tak lepas juga dari peran kita semua karena baik tidaknya pasar ini dalam perjalanannya tergantung kepada kita semua bukan hanya peran pemerintah saja, karena pemerintah punya keterbatasan,” katanya.

Memang saat diresmikan penggunaannya, beberapa bagian pasar, khususnya plafond lods terbuka, terlihat rusak. Namun, bupati meminta kepada pemilik lods untuk bersabar dengan kondisi tersebut. Pemkab Kolaka jelasnya, akan membenahi segala kerusakan yang disebabkan oknum tak bertanggungjawab tersebut. “Saya berharap dengan hadirnya pasar baru ini nantinya akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan penjual dan pembelinya akan semakin banyak sehingga perputaran ekonomi akan semakin baik,” harapnya.

Saat ini ungkap Safei, tengah tahap pembangunan 32 lods tambahan, dan selanjutnya akan terus dibangun lods lainnya. Luas lahan pasar itu enam hektar, termasuk terminal. Pemkab menjamin, seluruh pedagang dapat terakomodasi untuk berdagang di pasar Bokeo Ladumaa. “Tidak perlu merasa khawatir tidak mendapatkan tempat, karena kita masih punya lahan yang luas. Kondisi pasar sekarang sudah tidak ada masalah sehingga kita berharap setelah (pasar) ini kita buka, pasar lama (pasar tradisional Dawi-dawi) harus tutup, tidak boleh lagi ada aktivitas disana, jadi tidak ada lagi pasar sana pasar sini,” tandasnya.

Pasar Bokeo Ladumaa tersebut dibangun diatas lahan seluas enam hektar. Dibangun sebagai pasar baru pengganti pasar tradisional Dawi-dawi yang semakin sumpek dan tidak tertata, pasar Bokeo Ladumaa memiliki 168 lods tertutup dan 196 lods terbuka. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top