KONAWE SELATAN

Konsel Siap Menggelar MTQ Sultra dan Mengukir Prestasi

Pemkab Konsel saat menggelar rapat akbar persiapan MTQ Provinsi Sultra. FOTO: Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan Mushabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXVIII tingkat provinsi Sultra tahun ini, yang akan dilaksanakan pada 4-13 April. Penunjukkan itu berdasarkan keputusan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, nomor 434/tahun 2019.

Untuk memantapkan kegiatan tersebut, pemerintah kabupaten (Pemkab) Konsel menggelar rapat akbar, yang dipimpin langsung Bupati Konsel, Surunuddin Dangga didampingi Wakil Bupati, Arsalim Arifin dan Sekretaris Daerah, Sjarif Sajang. Dihadiri Kajari, Aprillyana Purba, unsur TNI – Polri, Kemenag, pimpinan OPD, serta camat, Sekcam, lurah dan Kades se-Konsel.

Dikesempatan tersebut, Bupati Konsel, Surunuddin Dangga menyampaikan, setelah mengecek kesiapan lokasi dan laporan panitia, serta fasilitas pendukung lainnya, secara umum Konsel telah siap menyelenggarakan kegiatan keagamaan yang akan diikuti kafilah dari 17 Kabupaten/Kota di Sultra.

Namun, ada beberapa catatan yang jadi perlu perhatian khusus semua pihak, yakni kebersihan dan keindahan baik di lokasi kegiatan maupun di setiap wilayah, serta memastikan kesempurnaan kelangsungan acara mulai pembukaan, saat lomba hingga penutupan acara.

“Dukung kegiatan, saya instruksikan kepada seluruh pimpinan OPD, camat, desa untuk berperan aktif menyukseskan kegiatan MTQ ini hingga penutupan, kebersihan jadi prioritas,” tegasnya, Selasa (3/3).

Lanjutnya, ajang ini merupakan ajang pertaruhan nama baik Konsel, untuk itu ia berharap seluruh komponen mengambil andil dengan turut berpartisipasi aktif dan saling bersinergi, termasuk bekerjasama dengan unsur TNI – Polri dalam menciptakan Kamtibmas, agar kegiatan berjalan lancar dan sukses.

“Saya berharap kegiatan MTQ ini berjalan lancar, sukses acara dan sukses prestasi, tentunya saling bersinergi dengan semua pihak tanpa terkecuali dengan moto bersama kita bisa,” tandas Surunuddin.

Sementara itu, selaku ketua LPTQ, Wabup Konsel Arsalim mengatakan, pembukaan acara akan menampilkan tarian kolosal, yang berjumlah 200 penari dari para pelajar sekolah menengah atas dan sesuai arahan Bupati agar acara berlangsung sukses, dirinya bersama panitia selalu berkoordinasi dengan pihak terkait, termasuk menyiapkan venue atau lokasi lomba yang akan dibagi dibeberapa tempat, dengan panggung utama terletak di halaman upacara Kantor Bupati.

“Seluruh persiapan saat ini sudah sesuai target, termasuk persiapan lokasi acara, kesiapan tenaga medis, pemondokan kafilah dan dewan hakim serta seluruh sarana pendukung lainnya,” beber Arsalim.
Pada intinya, tambah Arsalim, Konsel sudah siap menyelenggarakan MTQ dan siap mengukir prestasi dengan target keluar sebagai juara umum. “Dan sesuai aturan sebulan sebelum puncak acara, bulan ini kita akan launching kegiatan ini,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Sekda Konsel Sjarif Sajang selaku ketua panitia penyelenggara, berjanji akan mempersembahkan yang terbaik dengan melibatkan seluruh stakeholder dan elemen masyarakat, tak terkecuali pengurus PKK dan DWP.

“Sebagai tuan rumah kami siap melayani kurang lebih 2000 peserta dan tamu undangan lainnya, yang diperkirakan akan berkunjung di Konsel, tentunya dengan memberikan contoh dan pelayanan super excellent,” tegasnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top