BUTON UTARA

Tingkatkan Sinergitas, Camat, Kepala Desa, BPD dan LPM Rapat Kerja

Rapat kerja tingkat Kabupaten Buton Utara

KOLAKAPOS, Buranga — Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar rapat kerja bersama camat, kepala desa, BPD, dan LPM tingkat Kabupaten Buton Utara di Aula Bappeda, Sabtu, 7 Maret 2020.

Kegiata ini mengangkat tema, “Melalui Rapat Kerja Camat, Kepala Desa, BPD dan LPM kita Tingkatkan Sinergitas dalam Tata Kelola Pemerintahan Desa dan Kelembagaan Desa Menuju Desa yang Maju dan Sejahtera”.

Rapat kerja dibuka langsung oleh Bupati Butur, Abu Hasan dan turut hadir sejumlah kepala OPD, camat, lurah, kepala desa, BPD, LPM dan undangan lainnya.

Bupati Butur, Abu Hasan dalam sambutanya mengatakan, rapat sering dilakukan diantaranya untuk mendapatkan kepekaan dalam membangun daerah. “Untuk apa kita sering rapat, sering koordinasi diantaranya adalah untuk mendapatkan kepekaan kita, kepedulian kita, dan komitmen kita dalam membangun daerah,” ujarnya.

Wujud komitmen pemerintah pusat hari ini adalah membagun Indonesia dari desa. Hal itu dilihat adanya perubahan desa dari objek menjadi subjek pembangunan.

“Buton Utara senantiasa mengikuti denyut nadi pembangunan nasional. Buton Utara setiap tahun mencoba mengadopsi isu-isu pokok-pokok pembagunan nasonal,” ungkapnya.

Olehnya itu, kata Abu Hasan, semua harus berkomitmen sekuat-kuatnya untuk membangun Buton Utara kedepan.

Diketahui, tujuan dilaksanakan kegiatan yang pertama adalah memberikan pemahaman aturan dan mekanisme pengelolaan dan penyaluran dana desa dan alokasi dana desa tahun anggaran 2020. Kedua adalah untuk menyatukan presepsi, pemahaman, serta evaluasi dalam penyelenggaran pemerintah dan pembangunan di desa. Ketiga adalah untuk memperkuat peran pemerintah kecamatan, pemerintah desa, BPD dan LPM dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Keempat adalah untuk meningkatkan peran dan pengawasan pihak terkait terhadap pengelolaan keuangan desa. (k10/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top