MUNA

Satlantas Polres Muna Rutin Gelar Sweeping

KOLAKAPOS, Raha — Untuk meningkatkan kesadaran berlalulintas, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Muna dan Dinas Perhubungan Muna bersinergi melakukan sweeping atau razia terhadap kelengkapan kendaraan bermotor di dalam kota Raha. Sasarannya adalah pengendara motor, mulai dari kendaraan roda dua, empat hingga roda enam (truk).

Kasat Lantas Polres Muna, Iptu Muh Arifin Fajar mengatakan, kegiatan tersebut merupakan operasi rutin yang dilakukan pihaknya sebagai tugas pokok Satlantas dalam memberikan pelajaran tata tertib berlalu lintas kepada masyarakat. ” Ini operasi rutin dengan sasaran surat-surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas,” ucapnya pada Kolaka Pos saat ditemui diruang kerjanya, Senin (9/3).

Menurutnya, apabila pengendara sudah melengkapi surat-surat dan berkendara sesuai dengan tata rambu lalu lintas, maka pengendara tidak perlu khawatir karena sudah dipastikan bakal terhindar dari tilang atau razia polisi. “Dengan seringnya dilakukan penertiban kendaraan maka kesadaran tertib berlalu lintas dapat lebih meningkat, karena tertib berlalu lintas otomatis fatalisasi terhadap kecelakaan lalulintas akan tercegah,” ucap Fajar.

Perwira polisi berpangkat dua balok dipundak ini menilai, kecelakaan tidak bisa ditiadakan tetapi dapat dicegah bilamana masyarakat sudah mempunyai kesadaran dalam berlalulintas. “Kecelakaan itu terjadi karena adanya pelanggaran dan sekecil apapun pelanggaran akan mengakibatkan kecalakaan. Ingat keselamatan adalah kebutuhan kita bersama,” pungkasnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top