BERITA UTAMA

Tahun Ini Pencairan TPP Melalui Persetujuan Kemendagri

Sekda Kolaka Drs H Poitu Murtopo, M. Si

KOLAKAPOS, Kolaka — Pemerintah daerah (Pemda) Kolaka tahun ini, tetap menganggarkan dana tambahan penghasilan pegawai (TPP) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Besarannya tetap sama dari yang sebelumnya dan masih bergantung pada absensi pegawai. Bedanya, tahun ini proses pencarian TTP harus melalui persetujuan dari Dirjen Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kolaka, H Poitu Murtopo mengatakan, besaran pembayaran TPP tiap ASN berbeda, mengacu pada pangkat, golongan, juga kehadirannya. “Misalnya Kadis, tambahan penghasilan lima juta, kepala bidang, kepala seksi, dan staf besarannya bervariasi,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (13/3).

Poitu menjelaskan bila pegawai tidak berkantor selama tiga kali dalam satu bulan, maka tambahan penghasilannya tidak dibayarkan, dan kembali ke kas daerah. Kendati demikian, program TPP ASN di Kabupaten Kolaka berlangsung untuk 12 bulan.

Saat ini, TPP ASN di Kabupaten Kolaka belum dibayarkan. Kemungkinan kata Poitu, karena belum rampungnya laporan indikator penilaian seperti kinerja dan kehadiran pegawai yang harus dipenuhi. Yang jelas kata dia, tambahan penghasilan pegawai tetap akan dibayarkan kepada ASN. “Kan kita tidak mesti bayar setiap bulan karena laporan yang harus dilengkapi biasanya terlambat masuk. Karena setiap SKPD menyampaikan laporan ke Bupati Kolaka melalui BPKAD,” jelasnya. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!