KONAWE SELATAN

15 PKD Palangga Dilantik

Komisioner Panwascam Bersama staf dan 15 PKD Kecamatan Palangga saat berfoto bersama usai pelantikan. FOTO: Sapruddin Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), kini tengah melaksanakan pelantikan serentak Panwaslu Kelurahan dan Desa (PKD), diberbagai tempat di 25 Kecamatan di Konsel, sekaligus dilanjutkan dengan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Sabtu (14/3).

Diantaranya, Pelantikan PKD yang dilaksanakan oleh Panwascam Palangga, dimana hari ini telah melantik sebanyak 15 PKD dari total 14 Desa dan 1 Kelurahan di Kecamatan Palangga.

Ketua Panwascam Palangga, Ildha Pratama Sarie mengatakan, 15 PKD yang dilantik telah mengikuti beberapa tahapan seleksi, yakni, pendaftaran, seleksi administrasi dan tes wawancara, yang telah dilaksanakan oleh Panwascam Palangga.

“Jadi mereka yang dilantik hari ini, adalah benar-benar hasil dari seleksi yang sangat ketat, dan layak untuk menjalankan tugas pengawasan dilapangan sesuai aturan yang berlaku,” tuturnya.

Lanjut Ilda, yang juga Divisi SDM dan Organisasi Panwascam Palangga, 15 PKD ini juga, akan diberikan Bimtek dari tiga Komisioner. Tentang tugas, kewenangan, dan tanggungjawab PKD. Sehingga pada saat melaksanakan tugasnya dilapangan, sudah benar-benar siap nantinya.

“Dalam menjalankan tugasnya dilapangan, saya sudah menegaskan kepada PKD, agar selalu menjaga integritas dan jaga nama baik lembaga,” tegasnya.

Ditambahkan Ilda, melalui pembekalan Bimtek tersebut, pihaknya berharap para PKD memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas pengawasan di Desanya masing-masing.

“Artinya keterbatasan kami dalam pengawasan, diharapkan dapat digantikan perannya oleh PKD, kami yakin PKD bisa menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai elemen masyarakat, sehingga membantu meringankan pengawasan di tingkat Desa dan Kelurahan, artinya PKD ini menjadi ujung tombak dalam pengawasan,” ungkap Ildha.

Untuk diketahui pelantikan PKD Kecamatan Palangga dilaksanakan di Aula Kelurahan Palangga, dihadiri oleh Camat yang diwakili oleh Sekcam, Akbar Abusakti, SE, Lurah Palangga, Perwakilan Kapolsek Palangga, serta Ketua dan anggota PPK Palangga. (K5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!