MUNA

2021 Jalan dan Jembatan Muna-Buton Dikerjakan

Kabubdit Transportasi, Direktorat Transportasi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, Ahmad Zainuddin. FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha — Jika tidak ada aral melintang, proyek jembatan penghubung Pulau Muna dan Pulau Buton di Sulawesi Tenggara mulai dikerjakan pada 2021 mendatang. Pasalnya, proyek tersebut telah ditetapkan dalam program strategis nasional dan tertuang dalam Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024.

Kabubdit Transportasi, Direktorat Transportasi, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, Ahmad Zainuddin menyatakan, dalam RPJMN tersebut juga telah menetapkan proyek pembangunan infrastruktur jalan Pulau Muna dan Pulau Buton. “RPJM yang sudah ditetapkan oleh pak Jokowi (Presiden RI, Joko Widodo) awal kemarin akan ada program jembatan Muna-Buton. Major project dalam RPJMN 2020-2024 juga disertai pembangunan jalan 18 pulau terluar, salah satunya adalah jalan Muna-Buton,” ucapnya pada awak media usai melakukan pertemuan bersama Bupati Muna, LM Rusman Emba di Rumah Jabatan Galampano akhir pekan lalu.

Zainuddin berharap, proyek infrastruktur nasional tersebut dapat menggerakkan serta meningkatkan perekonomian di Pulau Muna dan Pulau Buton. “Indikasi anggarannya sudah ada, tetapi kan hasil berapa biayanya tergantung hasil pembahasan. Termasuk dengan kebutuhan teknis yang di persiapkan, karena biasanya soal anggaran itu diusul sekian begitu saat pembahasan teknis menjadi sekian. Tapi indikasinya sudah ada.

Yang jelasnya itu (Jalan dan Jembatan) sudah masuk dalam kerangka RPJM 2020-2024. Jadi bisa di mulai 2021 tergantung kesiapan teknis,” pungkasnya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top