BERITA UTAMA

Akhdan, Ketua Komisi III DPRD Kolaka : Pemda Harus Ikuti Instruksi Pemerintah, Antisipasi Covid-19

Ir. Akhdan, ketua Komisi III DPRD Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka — Ketua Komisi III DPRD Kolaka, Akhdan meminta pemerintah daerah Kolaka untuk mengikuti instruksi pemerintah pusat dan daerah Sulawesi Tenggara dalam mengantisipasi pencegahan dan penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Salah satu langkah yang sudah diambil Gubernur kata legislator PPP itu adalah meliburkan sekolah di Sultra. “Saya kira pemerintah daerah kita harus mengikuti instruksi ini kalau memang sudah diperintahkan, seperti langkah meliburkan sekolah, saya kira itu langkah tepat untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran nya di sekolah, mencegah itu lebih baik daripada mengobati, ” terangnya.

Dia juga mengatakan, harusnya pemerintah daerah Kolaka juga mengambil langkah-langkah antisipasi dengan tetap berkoordinasi kepada pemerintah provinsi dan pusat terkait perkembangan covid-19, meski belum ada kasus ditemukan di Kolaka. “Walaupun belum ada laporan kasus positif, tapi kita harus waspada, langkah meliburkan sekolah selama dua pekan juga salah satu langkah antisipatif, sebab sekolah dan tempat keramaian menjadi rentan penyebaran virus, kasian kan sama anak anak-anak kita kalau tertular, saya belum dapat infonya kalau disini, tapi katanya belum diliburkan, tapi nanti akan kami koordinasikan segera, ” terangnya.

Untuk itu katanya Komisi III akan berkoordinasi dengan dinas Pendidikan dan Kesehatan setempat terkait hal itu dan juga pemerintah daerah Kolaka. “Bidang pendidikan dan kesehatan memang masuk dalam wilayah Komisi III, sehingga kami akan segera mengkoordinasikan hal ini kepada dinas Pendidikan dan juga dinas Kesehatan, ” ujarnya.

Selain itu, kata Akhdan pihaknya juga segera akan berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya untuk mempertanyakan kesiapan dan kesigapan pemerintah daerah terkait covid-19. “Kita sebenarnya sudah mau persiapkan rapat dengar pendapat, hanya karena ada agenda lain dari teman teman jadinya tertunda, kita ingin tau bagaimana kesiapan dinas terkait dalam mengantisipasinya,” terangnya.

Kesigapan pemerintah daerah dalam mengantisipasi covid 19, kata Akhdan harus segera dilakukan sebab Kolaka merupakan wilayah dengan jalur lalu lintas terbuka. “Semoga kita di Kolaka terhindar, namun kita mestinya waspada sebab daerah kita ini merupakan daerah jalur lalu lintas dan transportasi yang terbuka. Kita wilayah tambang ada, lalulintas darimana saja ada, baik udara, laut maupun darat, makanya kita perlu waspada dan punya antisipasi, ” ujarnya. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top