BOMBANA

Ketua PKK Bombana Harap Kader Berkontribusi Cegah Penyebaran Virus Corona

KOLAKAPOS, Rumbia — Wabah Virus Corona di Indonesia masuk kategori bencana nasional,mencegah penyebarannya di kabupaten Bombana, kader PKK menggandeng dinas kesehatan dan pihak RSUD Bahteramas Kendari.

Gunanya melakukan sosialisasi terhadap stekhoulder terlebih pada kader PKK di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa.

Acara yang dirangkaikan Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke 48 itu,Ketua PKK Kabupaten Bombana Andi Nirwana pada sambutannya di auditorium kantor bupati,Senin (16/3) mengatakan dengan menggandeng pihak terkait dapat memberikan pemahaman tentang virus corana dan tata cara pencegahannya pada semua kader.

Pencegahan yang di maksud kata istri Bupati Bombana H.Tafdil itu yaitu bagaimana menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), di kabupaten Bombana itu sendiri berdasarkan data Unit Pelaksana Tehnis Daerah (UPTD) dinas kesehatan masih ada saja rumah warga yang tidak layak huni atau lingkungan yang tidak sehat.

“Informasinya masih ada sebagian rumah warga yang tidak memiliki jamban atau pembuangan kotoran,”ungkapnya.

Nah,kalau seperti itu pihak pemerintah juga harus cepat tanggap membenahi lingkungan yang tidak sehat itu, lanjutnya dirinya pula meminta pada semua kader kecamatan,kelurahan dan desa untuk intens melakukan penyuluhan PHBS,penyuluhan yang di maksud tidak mesti di lakukan dalam bentuk formal atau banyak orang cukup saja penyuluhan melibatkan kepala lingkungan.

Dari kepala lingkungan lanjut mantan anggota DPRD Bombana itu di sampaikan ke masyarakat,setelah itu di lakukan,ketua PKK Kecamatan hanya melakukan monitoring terhadap apa yang sudah di lakukan di tingkat kelurahan desa dan kepala lingkungan.

“Saya berharap kepada semua kader yang sudah memahami soal PHBS dapat menyampaikan pada masyarakat akan pentingnya hidup bersih dan sehat dan bukan cuma itu saja Pemerintah daerah harus lebih proaktif dalam pencegahan karena ini merupakan wabah nasional,”tuturnya.(K6/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top