BERITA UTAMA

Kepala SD Katolik Raha Negatif Covid-19

KOLAKAPOS, Raha — Kepala Sekolah Dasar (SD) Katolik Raha, Cunggang dinyatakan negatif virus corona atau Covid-19. Hal itu diketahui setelah wanita tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muna, Selasa (17/3).

Direktur RSUD Muna, dr.Muh. Marlin usai melakukan pemeriksaan terhadap Kepala SD Katolik Raha tersebut menyatakan, pasien tersebut negatif tidak tertular Covid-19. Sesuai hasil screening Cunggang hanya mempunyai riwayat penyakit asma. “Sama sekali tidak ditemukan gejala batuk, pilek dan radang tenggorokan, makanya tidak perlu dilakukan isolasi. Cukup pemeriksaan kesehatan biasa saja,” ucapnya.

Marlin menyatakan, apabila selama 14 hari pasien tidak ada gejala demam dan batuk, maka pasien dinyatakan tidak masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pantauan (ODP). “Jika ODP maka dilakukan isolasi selama dua pekan. Namun apabila gejalanya makin berat, nafas makin sesak dimana kategorinya dari ODP menjadi PDP maka diambil tindakan untuk segera dirujuk,” katanya.

Ditempat yang sama, Cunggang mengatakan dalam perjalanan religinya, ia ke Abu Dhabi tanggal 5 Maret dan keesokan harinya tanggal 6 Maret menuju Mesir. Kemudian tiba kembali ke Muna tanggal 11 Maret. Selama kepergiannya Cunggang mengaku tidak melakukan interaksi dengan orang-orang luar dan selama di luar negeri ia tidak pernah merasa sakit. “Sampai tiba disini (Raha), kondisi kesehatan saya masih normal,” ucapnya.

Kendati dinyatakan negatif Covid-19, Cunggang akan rutin mengontrol kesehatannya di RSUD Muna dan dia belum ingin masuk sekolah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna, Ashar Dulu mengungkapkan seorang warga kelurahan Laende kecamatan Katobu yang juga Kepala SD Katolik Raha, Juksan dan kini diketahui bernama Cunggang mengajukan permohonan izin untuk melakukan perjalanan rohani ke Yerusalem dan Vatikan pada 14 hari yang lalu. “Dia sudah tiba disini (Muna) sejak empat hari yang lalu dan dia (Cunggang) mengisolasi dirinya di kebunnya,” ungkapnya saat rapat di aula Galampano, Senin malam (16/3). (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!