BERITA UTAMA

Antisipasi Covid-19, Jamaah Diimbau Bawa Sajadah ke Masjid

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Muna, Muhammad Basri

KOLAKAPOS, Raha — Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Muna, Muhammad Basri mengimbau supaya jamaah membawa sajadah saat menunaikan sholat berjamaah di masjid. Hal tersebut sebagai upaya menghindari penyebaran Covid-19 atau virus corona.

Menurutnya, imbauan tersebut berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Menteri Agama RI, Fachrul Razi kemudian ditindak lanjuti Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Sultra, Fesal Musaad. “Untuk masjid-masjid agar menggulung karpetnya dan jamaah membawa sendiri sajadah,” ucapnya dalam rapat Forkompimda Muna di aula rumah jabatan Galampano beberapa hari yang lalu.

Pria yang karib disapa Basri itu meminta supaya panitia masjid tetap menjaga kebersihan di dalam masjid seperti lantai masjid, tempat berwudhu dan toilet rutin dibersihkan dengan cara dipel. “Perlu juga di imbau kepada khatib-khatib agar setiap Jumat selalu memberikan himbauan waspada Covid-19,” pintanya.

Ditempat yang sama, salah seorang pengurus masjid, Marzuki Dahlan mengungkapkan pihaknya sudah melaksanakan imbaun pemerintah tersebut. Katanya pihaknya sudah melakukan pelipatan dan mencuci karpet masjid. Namun dia meminta supaya setiap masjid di Muna diberikan alat pengukur suhu tubuh. “Tempat yang ramai tiap hari adalah masjid karena sholat berjamaah. Ketika kebersihan masjid sudah kita jaga, tetapi kita tidak tahu saat sholat dan ceramah ada yang batuk dan bersin. Kita tidak tahu apakah batuk dan bersin itu dibuat-buat. Jadi kita butuh alat pendeteksi suhu tubuh karena saat sholat Jumat jamaah sangat banyak,” pintanya. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top