BERITA UTAMA

Antisipasi Covid-19, USN Produksi Hand Sanitizer untuk Dibagikan Gratis

Dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Kimia dan Farmasi, USN Kolaka berkolaborasi membuat hand sanitizer secara mandiri. FOTO: Istimewa/ Kolaka Pos

KOLAKAPOSNEWS.COM, KOLAKA- Sejak pandemi global virus Corona (Corona Virus Desease 2019/Covid-19) mencuat, antiseptik pembersih tangan (hand sanitizer) mulai langka ditemukan di pasaran. Untuk di Kolaka, sejumlah pusat perbelanjaan bahkan apotek tak lagi memiliki stok hand sanitizer, dan juga masker.

Nah, untuk mengantisipasi kelangkaan itu, sejumlah dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) Kimia dan Farmasi, Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka berkolaborasi membuat hand sanitizer secara mandiri.

Ketua Prodi Kimia USN, Dian Permana, mengatakan pengolahan cairan antiseptik hand sanitizer sudah dilakukan sejak Rabu (18/3), dan sudah menghasilkan 300 botol. “Untuk sementara ini kami baru produksi 300 botol ukuran 60 mililiter. Kami masih akan produksi lagi hingga 700 botol, hanya saja masih menunggu bahannya,” katanya, Kamis (19/3).

Dian menambahkan, pembuatan hand sanitizer itu disesuaikan dengan standar yang dianjurkan Balai Pengawasan Obat dan Makan (BPOM) Indonesia. Adapun bahan-bahan yang digunakan yaitu Etanol, 3 persen H2O2, Gliserol, dan Aquadest secukupnya. Setelah diolah, hand sanitizer dikemas dalam botol berukuran 60 ml. “Hasil pembuatan hand sanitizer ini nanti akan dibagikan dosen dan mahasiswa USN dan juga masyarakat Kolaka, tapi kami masih menunggu arahan pimpinan,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada Senin (16/3) Rektor USN Azhari
juga telah mengeluarkan surat edaran untuk pencegahan Covid-19 di lingkungan kampus, dengan menerapkan sistem kuliah online (daring). Kondisi tersebut diberlakukan hingga situasi membaik. (mir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!