METRO KOLAKA

Bupati Instruksikan Upaya Pencegahan Virus Corona

Petugas kesehatan saat melakukan uji coba penyemprotan disinfektan guna mengantisipasi penyebaran virus corona di ruangan Bupati Kolaka, Kamis (19/3). FOTO: Neno/Kolaka Pos. 
KOLAKAPOS, Kolaka — Pemerintah Kabupaten Kolaka akan melakukan upaya-upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran virus corona atau Covid-19. Sebagai langkah awal, Pemkab Kolaka bakal melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa titik yang dianggap rawan terpapar virus.
“Mulai besok (hari ini, red) semua tempat-tempat pelayanan dan juga rumah ibadah, sekolah, dan pasar kita mulai lakukan penyemprotan. Kita berharap kegiatan ini akan dilakukan secara terus menerus sesuai dengan penetapan oleh BPBN,” kata Safei saat memimpin rapat koordinasi teknis bersama OPD lingkup Pemkab Kolaka, di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, Kamis (19/3).
Pada kesempatan itu, Safei juga meminta agar semua masjid untuk sementara waktu menggulung karpet. Kemudian setiap sekolah dan kantor agar menyiapkan tempat cuci tangan. “Semua masjid agar menggulung sementara karpetnya dan para jamaah agar membawa sajadah masing-masing,” ucapnya.
Adapun terkait meliburkan siswa, Safei mengaku masih akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Hal ini dilakukan agar masa libur siswa benar-benar seperti apa yang kita harapkan. “Kita masih akan merapatkan secara interen terlebih dahulu dengan beberapa pihak termasuk pengamat pendidikan karena jangan sampai ketika siswa diliburkan untuk tidak keluar rumah ternyata mereka bebas berkeliaran jadi kita akan pertimbangkan terkait hal ini, karena libur yang diharapkan agar anak-anak tidak keluar rumah dan belajar dirumah bukannya bebas berkeliaran ini yang kita tidak inginkan makanya kita akan kaji dulu,” jelasnya.
Melalui pertemuan itu pula, Bupati menyampaikan akan membuat SK pembentukan gugus tugas pengangan virus Corona yang merupakan tindak lanjut dari instruksi gubernur. Dimana gugus tugas ini ada terbagi empat yaitu bidang kesehatan, layanan pablik, transportasi dan publikasi pablik dimana layanan publikasi ini hanya satu sumber saja yang akan mengeluarkan perkembangan terkait situasi dan kondisi dikabupaten Kolaka hal ini agar supaya masyarakat tidak asal memberikan informasi dimedia sosial sehingga membuat resah dimasyarakat jadi itu tugasnya.
“Dalam mengatasi ini harus berdisiplin diri agar kemudian kita bisa mencegah penularan virus tersebut dan masyarakat jangan terlalu cemas akan tetapi tetap waspada,” tutupnya. (k9)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top