BERITA UTAMA

BLKK Kolaka Cetak 2.000 Masker, akan Dibagikan Gratis

Peserta BLKK Kolaka yang sedang membuat masker yang akan dibagikan kepada masyarakat secara gratis (Ist).

KOLAKAPOS, Kolaka — Guna memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap masker, yang kian langka akhir-akhir ini akibat dampak merebaknya wabah virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Balai Latihan Kerja dan Keterampilan (BLKK) Kolaka mulai memproduksi masker dari bahan kain yang nantinya akan dibagikan secara gratis.

Kepala UPT BLKK Kolaka, I Nyoman Warta mengatakan, BLKK Kolaka mulai memproduksi masker yang akan dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

Pembuatan masker sendiri, dilakukan oleh peserta pelatihan dan dibantu oleh para alumni BLKK Kolaka.

“Kita awalnya inisiatif bikin sendiri ternyata setelah berjalan selama satu hari pembuatan masker, sorenya sudah ada intruksi dari kementerian melalui BLK Kendari untuk membuat masker,” katanya saat dihubungi melalui saluran telponnya, Minggu (22/3).

Dalam sehari kata Nyoman Warta, pihak bisa mencetak sebanyak 200 lembar masker, dimana setiap peserta pelatihan yang berjumlah 16 orang harus bisa menyelesaikan 10 lembar masker perharinya. Ditambah dengan alumni BLK yang berjumlah 4 sampai 5 orang yang ikut membantu, sehingga sepuluh hari dua ribu masker sudah rampung dibuat.

“Kami target 2000 masker sesuai kemampuan dana teman-teman yang kami patungankan karena ini murni dana swadaya kami. Ke depannya tetap akan dicarikan pormulasinya dari BLK Kendari yang dua ribu itu, tapi kami belum ditau dananya. Sehingga kami sudah laporkan kepada bapak asisten Pemda Kolaka agar bagaimana solusinya biar kami yang buat dari pihak terkait bisa menyiapkan bahannya,” ucapnya.

Terkait penyalurannya, akan menunggu petunjuk dari Pemda Kolaka dan sampel masker kami juga akan dilaporkan kepada bapak bupati jangan sampai ada yang tidak sesuai atau tidak layak karena akan dikomunikasikan juga kepihak Dinkes.

“Jadi masker yang kami buat kualitas bahannya menggunakan kain ril mengingat stok kain ril masih bayak di pasaran selain itu bisa digunakan berkali-kali karena bisa dicuci,” jelasnya.

Dirinya berharap, dengan adanya masker ini dapat membantu masyarakat Kabupaten Kolaka untuk mendapatkan masker gratis. Sehingga, pendistribusiannya nanti tetap akan dalam pengawasan dan pemantauan.

“Kita harapkan bisa bersinergi agar semua bisa berjalan lancar dan produksi bisa meningkatkan agar masyarakat bisa menggunakannya,” harapnya. (k9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!