BERITA UTAMA

Rektor USN Bagikan Ratusan Hand Sanitizer Secara Gratis

Rektor USN Kolaka, Azhari membagikan gratis hand sanitizer kepada pengguna jalan di depan kampus, kemarin (23/3). FOTO: Kaulia Ode/kolaka pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Azhari turun ke jalan membagi-bagikan hand sanitizer gratis kepada masyarakat Kabupaten Kolaka, Senin (23/3). Bersama Wakil Rektor Bidang Akademik, Ruslin Hadanu, dosen dan mahasiswa program studi kimia dan farmasi kampus merah marun itu, Azhari membagikan hand sanitizer gratis kepada pengemudi motor dan mobil yang melintas di depan Kampus USN di Jalan Pemuda, Kolaka.

Sekiranya ada 300 botol hand sanitizer yang dibagikan kepada masyarakat pengguna jalan raya. Hand sanitizer ini merupakan produk buatan dari kolaborasi dosen dan mahasiswa program studi kimia dan farmasi USN.

Azhari mengatakan langkanya hand sanitizer di pasaran semenjak mewabahnya virus corona, mendorong dosen dan mahasiswa program studi kimia dan farmasi membuat pembersih tangan ini.

Kata dia, dosen dan mahasiswa masih akan terus membuat pembersih tangan ini. Hanya saja masih menunggu bahan baku pembuatan yang sudah dipesan sampai di Kolaka. “Ini masih tahap awal. Kita masih akan buat dan bagi lagi ke masyarakat,” ujarnya ditemui di Kampus USN Kolaka, Senin (23/3).

Katanya, tak hanya itu saja pihaknya membuat dan membagikan hand sanitizer kepada masyarakat. Tetapi, kegiatan ini akan terus berjalan. Sebab, tindakan yang dilakukan USN saat ini merupakan salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat.

Ia berharap dengan adanya hand sanitizer ini bisa membantu dan bermanfaat bagi masyarakat ketika digunakan untuk membersihkan tangan dalam kondisi apapun.

Saat ini dengan peralatan yang bisa mendukung, USN hanya bisa berkontribusi dalam pembuatan hand sanitizer, karena bila membuat alat pelindung diri belum bisa dilakukan. “Mudah-mudahan di Kolaka tidak ada masyarakat yang terpapar virus corona ini,” tambahnya.

Sebagai tambahan ia mengingatkan kepada mahasiswa dan dosen agar tidak apatis terhadap penyebaran virus corona, dengan tidak menyepelekan, meremehkan, dan menggampangkan imbauan dari pemerintah untuk melakukan social distancing dan menjaga kebersihan. “Taati dan ikuti imbauan pemerintah, juga jaga diri sendiri untuk orang lain. Jangan kita menjadi penyebab atau pembawa penyakit bagi keluarga dan teman,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Kimia, Dian Permana menambahkan bila masih ada sisa botol kosong di laboratorium, hanya saja masih menunggu bahan bakunya tiba di Kolaka. Selama bahan baku ada, hand sanitizer ini masih akan terus di produksi. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!