METRO KOLAKA

Kuliah Online USN Berjalan Lancar

Prof.Dr. Ruslin Hadanu, M.Si

KOLAKAPOS, Kolaka–Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka sama sekali meniadakan aktivitas perkuliahan bagi mahasiswa dan kegiatan lainnya di dalam kampus selama merebaknya virus corona.

Wakil Rektor Bidang Akademik USN, Prof.Dr. Ruslin Hadanu, M.Si mengatakan walaupun mahasiswa tidak ke kampus, proses perkuliahan tetap berjalan lancar dan dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring). Kata dia, sejumlah dosen telah melakukan perkuliahan secara online, sehingga mutu pendidikan tetap berjalan.

Dijelaskan proses perkuliahan dilakukan secara online melalui aplikasi zoom dan google classroom, juga grup WhatsApp. Meskipun mahasiswa kuliah dalam jaringan di rumah masing-masing, tetapi absensi tetap berjalan seperti kuliah di ruangan kelas.

“Kita mengurangi interaksi langsung di ruang kelas, tapi dengan aplikasi itu kita tetap face to face meski melalui dunia maya. Selama dosen komitmen untuk melakukan instruksi tersebut,” jelasnya ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (24/3).

Saat ini tidak ada sama sekali aktivitas perkuliahan baik di kampus yang ada di Tanggetada dan kampus di Jalan Pemuda, Kolaka. Semua mahasiswa diliburkan sesuai instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, untuk belajar online di rumah. Ruslin menyebutkan, selama dosen tidak gagal paham teknologi atau gaptek, jaringan yang mendukung serta tersedianya paket data mahasiswa, maka tidak akan ada kendala untuk terus melakukan kuliah online selama pemberlakuan social distancing. “Sampai hari ini mahasiswa dan dosen yang melakukan kuliah online belum menemukan kendala,” tambahnya.

Mahasiswa USN, Riswandi Gunawan mengatakan setiap dosen dalam memberikan kuliah dalam jaringan dilakukan secara berbeda-beda. Kata dia, ada beberapa dosen yang menggunakan grup WhatsApp sebagai media untuk memberikan tugas dan materi kepada mahasiswanya.

“Jadi kita buat grup untuk setiap mata kuliah. Di grup itu dosen beri kami tugas dan materi untuk dikerjakan dan dipelajari. Kemudian, kita lakukan tanya jawab terkait materi yang diberikan bila belum dipahami,” jelasnya.

Ia menyebutkan bila seperti beberapa temannya yang tinggal di daerah dengan jaringan yang tidak mendukung, sangat kesulitan bila mengikuti perkuliahan yang dilakukan melalui videocall. Sehingga ada sebagian dosen yang memberikan tugas, karena menilai videocall kurang efektif dilakukan.

Selain itu, mahasiswa yang kedapatan bergerombolan nongkrong di kampus, akan mendapatkan teguran dari pihak kampus. Bila berada di kampus, mahasiswa diinstruksikan untuk menjaga jarak satu sama lain, menghindari interaksi bersentuhan.

Untuk diketahui, sebelumnya Rektor USN Kolaka, Azhari telah mengeluarkan surat edaran terkait instruksi bagi mahasiswa dan dosen untuk melakukan pembelajaran secara online. Mengingat saat ini sedang mewabah virus corona di sejumlah daerah di Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Kolaka. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!