BERITA UTAMA

Suhu Tubuh Penumpang Feri Kolaka Diperiksa

Pemeriksaan suhu tubuh di Pelabuhan Ferry Kolaka. Mirwanto/Kolakapos

KOLAKAPOS, Kolaka–Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kolaka, bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kolaka, melakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang feri Kolaka. Menurut Plh koordinator kesehatan Pelabuhan Sulfadli, selain penumpang berangkat mereka juga mengukur suhu tubuh penumpang yang tiba dari pelabuhan Bajoe.

Penumpang dengan suhu tubuh 38 derajat celcius atau lebih, tidak akan diizinkan masuk ke feri atau meninggalkan pelabuhan, sebelum dilakukan karantina. “Kita akan tahan dulu yang suhu tubuhnya 38 atau lebih, kita periksa, kita tanyakan riwayat perjalannya, kita deteksi, dan otomatis masuk dalam ODP,” Ujarnya.

Pihaknya juga akan menyarankan kepada yang ODP untuk menunda berpergian dan melakukan karantina diri sendiri. Dia juga mengatakan pemeriksaan itu akan dilaksanakan selama dua pekan ini dan akan bisa saja di perpanjang. Selain di Pelabuhan, juga dilakukan pemantauan suhu tubuh penumpang di Bandara Sangia Ni Bandera.

Sementara itu, kepala KUPP Kolaka, Hasfar mengatakan pemeriksaan suhu tubuh merupakan salah satu upaya pihak Pelabuhan dalam meminimalisir penyebaran covid-19. “Ini memang upaya mendeteksi dan meminimalisir penyebaran covid-19,” tegasnya. Pemeriksaan itu akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal berangkat dan kedatangan kapal ferry di Pelabuhan Kolaka.

Selain pemeriksaan suhu tubuh, penumpang juga diarahkan untuk mencuci tangan ditempat yang disediakan di Pelabuhan dan di kapal feri.

ASDP Bersama Polsek KPPP Sterilisasi Pelabuhan

Sementara itu, ASDP Kolaka bersama Kepolisian Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP) menyatakan telah dan akan terus melakukan sterilisasi dengan melakukan penyemportan disinfektan di kawasan Pelabuhan Penyebrangan Ferry Kolaka. “Sejak Jumat kita sudah sterilisasi disini, kita bersih bersih dan lakukan penyemprotan, ” Jelas kepala ASDP Kolaka, La Kahada.

Setiap calon penumpang yang akan menyeberang dan turun dari feri, akan diminta untuk mencuci tangan. “Iya kita juga siapkan lokasi cuci tangan, ini untuk jaga-jaga, ada empat tempat,” terangnya.

Terkait kemungkinan ditutupnya Pelabuhan untuk mengantisipasi covid seperti dilakukan di beberapa Pelabuhan di Sulawesi, dirinya mengatakan tergantung dari intstruksi pemerintah. “Tergantung pemerintah, kalau kita disuruh tutup ya harus ikuti instruksi,” jelasnya.

kapolsek KPPP Kolaka, Ipda Maharani mengatakan pihaknya juga menghimbau agar para penumpang untuk selalau menjaga kebersihan. (mir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top