METRO KOLAKA

Pemdes Tikonu Semprot Semua Rumah Warga

Pemdes Tikonu saat akan melakukan penyemprotan disinfektan disemua rumah warga. Foto : Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Pemerintah desa (Pemdes) Tikonu dibantu oleh Babinsa dan Bhabinkantibmas Tikonu serta Puskesmas Wundulako melakukan penyemprotan disinfektan di semua rumah warga guna mensterilkan wilayahnya dari penyebaran virus corona, Selasa (31/3).

Kepala desa Tikonu Indrawan Abbas mengatakan, sejak adanya wabah virus corona yang mulai masuk diwilayah Indonesia, khususnya di Sultra pihaknya langsung mengambil langkah-langkah guna mencegah masuknya virus mematikan tersebut di wilayahnya.

Adapun langkah yang dilakukan yaitu langsung menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak bepergian diluar daerah, serta selalu menjaga kebersihan lingkungannya. Selain itu juga pihaknya langsung melakukan penyemprotan dibeberapa titik fasilitas umum dengan menggunakan tangki penyemprot dan satu mobil open.

“Allhamdulilah hari ini, Selasa (31/3) untuk kedua kalinya dalam bulan ini kamu melakukan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus corona, dan kali ini kita lakukan disemua rumah warga diempat dusun,” katanya saat ditemui media ini dilokasi penyemprotan.

Dirinya bersukur sampai saat ini belum ada warganya yang terjangkit virus mematikan tersebut, namun demikian pihaknya terus menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungannya dan patuh terhadap himbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam hal ini bupati Kolaka.

“Intinya kami selalu melakukan pemantauan dan tetap waspada,” ucapnya.

Sementara itu, Kapus Wundulako Sulkarnain mengaku, telah melakukan beberapa persiapan dalam mengantisipasi wabah virus Covid-19 diantaranya yang pertama pihaknya telah melakukan pembenahan didalam Puskesmas dengan melakukan penyemprotan dari semua unit mulai dari Puskesmas sampai dengan Pustu, pihaknya juga sudah menyiapkan air bersih dengan menyiapkan tempat cuci tangan beserta sabun dan tisunya karena itu yang paling utama dan pihaknya juga akan buat posko bersama.

“Petugas kami juga siap dan siaga selalu 1×24 jam,” katanya.

Jika ada warga yang terdeteks, kata Sulkarnain, maka kami dari pihak kesehatan akan langsung melakukan pengecekan dan penanganan dan apabila pasien tersebut memerlukan penanganan lebih lanjut maka kita akan rujuk ke RSBG Kolaka.

“Kita himbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungannya, dan untuk sementara tidak berkumpul serta menjaga jarak dan kebersihan pribadi dimanapun kita berada wajib melakukan cuci tangan dan usahakan tangan tidak memegang are kepala, karena masuknya virus ada tiga yang pertama melalui mulut, hidung, dan mata,” pintanya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top