BERITA UTAMA

UN Ditiadakan, Dinas Dikbud Kolaka Tunggu Juknis Kelulusan Siswa

Kadis Dikbud Kolaka Drs H. Salamansyah, M. Sc

KOLAKAPOS, Kolaka – Pemerintah pusat melalui menteri pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) resmi meniadakan Ujian Nasional (UN) akibat wabah virus corona. Atas kebijakan tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kolaka masih menunggu petunjuk teknis (juknis) penentuan kelulusan bagi siswa-siswi sekolah, setelah pemberlakuan pembatalan UN tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis Dikbud) Kolaka, Sal Amansyah mengatakan pihaknya sementara menunggu surat edaran terkait petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk selanjutnya segera ditindaklanjuti.

“Kalau tidak salah itu nilai-nilai siswa dari tiap semester dan ujian sekolah, tinggal proporsinya yang dihitung berapa persen setiap semesternya,” katanya saat ditemui media ini, Rabu (1/4).

Menurutnya, setelah adanya surat edaran terkait petunjuk teknis dari Kemendikbud, pihaknya akan segera menindaklanjuti kebijakan tersebut dengan mengundang rapat semua kepala sekolah untuk menentukan nilai kelulusan siswa-siswi.

Apalagi peniadaan ujian nasional ini, sebenarnya sudah menjadi rencana pemerintah yang pelaksanaannya baru akan dilakukan pada tahun 2021 mendatang. Namun, karena merebaknya virus corona ini, sehingga penyelenggaraannya dipercepat satu tahun.

“Yang jelas kalau UN sudah tidak ada. Lagian kemarin-kemarin, UN ini bukan syarat lulus lagi. Jadi yang tentukan nanti pihak sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, terkait penyelenggaraan ujian sekolah, kata Salamansyah, sekolah-sekolah menengah pertama di Kabupaten Kolaka telah menyelesaikan ujian sekolah pada Maret 2020 lalu.

“Jadi kami tinggal tunggu juknisnya saja, “tutupnya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!