METRO KOLAKA

USN Bagikan Ratusan Paket Sembako Gratis

Rektor USN, Azhari menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada perwakilan warga penerima bantuan, di Gedung Auditorium USN, Senin (6/4). FOTO: Mirwanto Muda/ Kolaka Pos

Serta Ribuan Hand Sanitizer dan Masker

KOLAKAPOS, Kolaka — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka membagikan 500 paket sembako gratis kepada warga kurang mampu di sekitar kampus. Selain itu, perguruan tinggi negeri itu juga membagikan 2.500 botol hand sanitizer dan 1.000 masker. Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Rektor USN Kolaka, Azhari bersama Kapolres Kolaka, AKBP Saiful Mustofa kepada perwakilan masyarakat, di Gedung Auditorium USN, Senin (6/4).

Rektor mengatakan, kegiatan berbagi tersebut dalam rangka memperingati Dies Natalis USN ke 6, sekaligus bentuk kepedulian di tengah pandemi virus corona atau Covid-19.

Paket diberikan khusus kepada lansia, janda, tukang ojek, dan tukang becak di Kelurahan Balandete, Tahoa, Lalombaa, Sabilambo, Kecamatan Kolaka serta di Desa Popalia, Kecamatan Tanggetada. Penerima sebelumnya didata oleh Bhabinkamtibmas bekerjasama dengan pemerintah setempat.

“Di sini (kampus, red) hanya penyerahan simbolis, nanti ada tim yang bagi-bagikan langsung ke rumah-rumah warga. Kita bekerjasama dengan Polres Kolaka untuk penyalurannya, karena tidak boleh ada acara kumpul-kumpul,” ujar Azhari.

Sebagian paket juga dititipkan ke Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), Ikatan Keluarga Tolaki Kendari, dan Komunitas Muslimah Berbagi Kolaka untuk disalurkan ke warga lainnya. “Mereka menerima titipan paket sembako, masker, dan hand sanitizer dari kami untuk dibagikan kepada yatim piatu,” tambahnya.

Adapun paket sembako yang dibagikan berisi beras, mie instan, gula, dan terigu. Anggaran pembelian paket-paket sembako tersebut berasal dari sumbangan civitas akademika Kampus Merah Marun itu. “Insya Allah ke depan masih ada pembagian sembako lanjutan. Saat ini kita sementara mengajukan izin pengalihan anggaran perjalanan dinas civitas akademika yang akan digunakan untuk pembagian paket sembako kepada masyarakat lainnya yang membutuhkan,” terangnya.

Hal ini, kata dia, sekaligus merealisasikan instruksi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam meminimalisir dampak Covid-19, khususnya di Kabupaten Kolaka. Dengan begitu, pihaknya bisa membantu pemerintah daerah dalam penanganan dampak Covid-19.

Ia pun berharap, bantuan itu dapat bermanfaat bagi warga yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19. “Kami berharap ini bisa membantu walaupun tidak seberapa, semoga wabah Covid-19 segera berlalu,” pungkas pemegang rekor MURI Rektor PTN Termuda tahun 2014 itu.

Sementara itu, Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa mengatakan pendistribusian paket bantuan dilakukan oleh anggotanya yang langsung mendatangi rumah-rumah warga. Dengan begitu, warga penerima tetap berada di rumah dan mengikuti instruksi pemerintah untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. “Bhabinkamtibmas yang bagikan ke rumah-rumah warga yang sudah di data. Supaya tidak ada kerumunan,” katanya. (mir/kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top