BUTON UTARA

Dalam Waktu Dekat, Kopra Putih Butur Akan Diekspor

Gudang kopra putih Minaminanga Kulisusu

KOLAKAPOS, Buranga–Dalam waktu dekat kopra putih Buton Utara akan dikirim ke pelabuhan peti kemas Baubau menuju Surabaya, selanjutnya akan di ekspor ke India dan Pakistan.

Hal itu diungkapkan Bahtiar, selaku penanggung jawab umum pengelolaan kopra putih di Buton Utara saat ditemui di gudang kopra putih, Minaminanga Kulisusu beberapa waktu lalu.

“Pengiriman dilakukan dari Ereke ke pelabuhan kontainer Baubau menuju Surabaya. Surabaya akan di ekspor ke India dan Pakistan,” kata Bahtiar

Ia menjelaskan, seharusnya pengiriman perdana koprah putih bulan Maret, namun karena wabah virus corona jadi tertunda. “Karena ada corona, maka kita mengirim kemungkinan dalam bulan ini,” ungkapnya.

Pengiriman kopra putih tahap pertama adalah satu kontener 40 feet, dengan kapasitas kisaran 24 ton. Kelapa tersebut dibeli dari hasil pengolahan ditiap desa di Buton Utara. Dibeli dengan harga Rp 7000 per kilogram. Kualitas kelapa diprioritas tidak muda dan kelapa yang tidak terlalu tua.

Bahtiar menambahkan, adanya usaha tersebut dapat meningkatkan penghasilan petani. Karena menurutnya dulunya mereka mengolah kopra harganya Rp 5000 per kilogram. “Dengan adanya usaha kopra putih, meningkat Rp 7000 per kilogram. Jadi sudah ada peningkatan ekonomi per kilogram Rp 2000,” tandasnya.

Diketahui, pengembangan kopra putih di Buton Utara dari hasil kerja sama Pemerintah Daerah Buton Utara dengan PT. Inacom yang difasilitasi oleh Kemendes RI. (k10)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top