BERITA UTAMA

Muna Berpotensi Jadi Klaster Baru  Penyebaran Covid-19 di Sultra

KOLAKAPOS, Raha–Mulai saat ini masyarakat Muna hendaknya bekerjasama dengan pemerintah setempat  untuk melawan Corona Virus Disease (Covid-19) dengan cara menggunakan masker, cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer dan tidak berkumpul.  Sebab kabupaten Muna berpotensi menjadi  klaster baru penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Potensi zona merah kian nyata pasca RSUD Muna melakukan rapid test prioritas tahap pertama terhadap 12 orang warga berstatus OTG, ODP dan PDP. Hasilnya lima orang positif terpapar corona.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Muna, dr. Laode Ahmad Wahid Agigi menyatakan dengan terdeteksinya lima  orang positif corona pasca rapid test, maka Pemkab Muna bersama gugus tugas harus bekerja lebih cepat untuk memutus mata rantai penyebaran wabah virus mematikan asal kota Wuhan, China tersebut. “Kalau hasil rapid positif kemudian swab juga positif, maka Muna menjadi klaster baru. Jadi kita harus waspada. Claster baru artinya ada jangkitan dari orang ke orang. Contoh dari si A ke si B. Ini namanya transmisi lokal. Kalau ada transmisi lokal berarti disini klaster baru,” tegasnya dalam rapat bersama Forkompimda Muna yang dipimpin Bupati Muna, LM Rusman Emba dan Wakil Bupati Muna, Abdul Malik Ditu, Kamis, (9/4) lalu.

Menurut dokter ahli penyakit dalam tersebut, apabila  Muna dinyatakan sebagai klaster baru penyebaran covid-19, maka masyarakat Muna yang masuk ke daerah lain bakal berstatus ODP. “Seperti di Kendari ada transmisi lokal. Jadi kita harus bergerak lebih cepat. Satu-satunya jalan adalah wajibkan pakai masker dan hindari berkumpul,” ucapnya mengingatkan.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterima Kolaka Pos, RSUD Muna kembali melakukan rapid test terhadap warga prioritas terpapar covid-19 untuk gelombang ke dua. Namun, dokter Wahid sapaan karib Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Muna, dr. Laode Ahmad Wahid Agigi belum membalas konfirmasi Kolaka Pos via WhatsAppnya. Minggu (12/4).  (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top