BERITA UTAMA

Satlantas Polres Kolaka Edukasi Pengendara untuk Cegah Covid-19  

Kapolres Kolaka AKBP Saiful Mustofa didampingi Kasat Lantas Polres Kolaka AKP Kasman saat memberikan edukasi kepada pengendara agar selalu menggunakan masker saat berkendara (Ist). 

KOLAKAPOS, Kolaka–Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kolaka resmi menggelar Operasi Keselamatan Anoa 2020, yang diselenggarakan selama dua pekan sejak tanggal 6 hingga 19 April mendatang. Dalam kegiatan operasi kali ini, berbeda dengan operasi yang yang sering dilaksanakan sebelumnya, pasalnya pihak Satlantas Polres Kolaka Kolaka melakukan edukasi kepada para pengendara terkait pencegahan wabah Covid-19. Selain itu, Satlantas Polres Kolaka juga memberikan reward kepada pengendara yang tertib berlalulintas dan memiliki kelengkapan surat kendaraan. Adapun reward yang diberikan berupa masker kain tersebut diberikan secara gratis.

Kasat Lantas Polres Kolaka, AKP Kasman mengatakan, operasi kali ini dilakukan berbeda dari operasi tahun sebelumnya, karena prioritas utama Satlantas Polres Kolaka kali ini juga untuk mencegah penyebaran virus corona atau Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Sehingga pihaknya melakukan edukasi kepada para pengendara untuk selalu melakukan pola hidup sehat.

Bahkan pengendara yang tertib berlalulintas, memakai helm, dan memiliki kelengkapan surat kendaraan diberikan reward masker, khususnya bagi mereka yang tidak memakai masker.

“Kita lakukan langkah prepentif dan preventif kepada masyarakat pengendara. Penindakan terhadap pengendara tidak diprioritaskan,” katanya saat ditemui media ini, Kamis (9/4).

Menurutnya, penegakan hukum akan dilakukan apabila pengendara melakukan pelanggaran yang fatal seperti melawan arus, pengendara belum cukup umur, dan berboncengan lebih dari satu orang, tidak menggunakan helm, serta tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan.

Tak hanya menertibkan pengendara, Satlantas Polres Kolaka juga menyediakan pencuci tangan, menyemprotkan disinfektan pada kendaraan pengendara, membagikan selembaran yang berisi imbauan berkendara yang benar, dan pencegahan Covid-19. Termasuk, selebaran berisi maklumat Kapolri RI.

“Jadi setiap pengendara diberhentikan, kemudian diarahkan untuk mencuci tangan dan motornya kita semprot,” jelasnya.

Kasman mengharapkan kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, utamanya menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, memakai masker saat berada di luar rumah, sehingga bisa terhindar dari Covid-19.

“Kita harapkan masyarakat bisa patuh atas himbauan yang diberikan,” harapnya. (K9/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top