METRO KOLAKA

Dampak Covid-19, BLK Tunda Pelatihan Kerja

I Nyoman Warta, ST

KOLAKAPOS, Kolaka–Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Kolaka terpaksa menunda pelaksanaan pelatihan kerja selama wabah Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19. “Hal tersebut menindaklanjuti instruksi pemerintah dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 dengan tetap berada di rumah agar menjaga social dan physical distancing,” kata Kepala UPTD BLK Kolaka, I Nyoman Warta, kemarin (20/4).

Dia menjelaskan, pelaksanaan pelatihan peningkatan keterampilan dan keahlian kerja tahap kedua akan dibuka kembali apabila situasi sudah membaik. “Sebelum adanya instruksi dari pemerintah, kami telah melakukan seleksi dan pendaftaran ulang terhadap peserta. Rencana awalnya, pada 29 Maret 2020 lalu, 128 peserta sudah mulai mengikuti pelatihan kerja. Tetapi karena keluar instruksi pada 23 Maret 2020, maka pelatihan pun kita tunda,” jelasnya.

Dikatakannya, pada tahun 2020 ini, BLK Kolaka membuka empat tahap melaksanakan pelatihan kerja. “Pelaksanaan pelatihan kerja tahap pertama telah selesai. Namun, tahap selanjutnya belum bisa dipastikan waktu pelaksanaannya,” tuturnya.

Kendati demikian, kata dia, bila wabah Covid-19 terkendali maka peserta yang sudah mendaftar ulang ini bisa segera mengikuti pelatihan. “Peserta akan dihubungi untuk disampaikan jadwal pelatihannya. Mereka tinggal tunggu dipanggil saja. Yang jelas tahap kedua ini peserta sudah ready,” terangnya.

Adapun program pelatihan yang dibuka terdiri dari teknik listrik, teknik otomotif, teknik las, teknologi informasi, bangunan, pertanian/processing, teknik manufaktur, dan garmen apparel. Program pelatihan tersebut dibagi dalam beberapa paket keterampilan dan keahlian. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top