BERITA UTAMA

Pemda Kolaka Utara Siapkan Rumah Sakit Covid-19

Rumah sakit CSR yang disiapkan Pemda Kolaka Utara untuk penanganan awal pasien Covid-19.

KOLAKAPOS, Lasusua–Di tengah merebaknya covid-19 saat ini, pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Utara bergerak sigap untuk menyiapkan rumah sakit untuk penanganan awal. Rumah sakit tersebut berada di areal pertambangan Dusun Potoa, Desa Sulaho Kecamatan Lasusua.

Dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Kolaka Utara Taufiq,S bahwa saat ini rumah sakit yang sebelumnya dibangun oleh Lemabaga Pendaming CSR (LPDCR) beberapa waktu lalu, kini akan digunakan untuk menangani pasien covid dan dalam waktu dekat akan segera digunakan.

“Rumah sakit ini bukan rumah sakit rujukan untuk pasien positif Covid-19 yah, tapi untuk pasien ODP dan PDP, karena kemarin itu sempat heboh ada warga yang diduga covid dan warga sekitarnya itu panik, sehingga untuk antispasi hal demikian, rumah sakit yang dibangun dan belum pernah digunakan itu, kita gunakan untuk menanganani pasien,”Katanya.

Menanggapi kepanikan warga tersebut Bupati Kolaka Utara Drs.Nurrahamn Umar pun meminta langsung Sekda untuk meninjau lokasi rumah sakit yang sudah lama dibangun tapi tidak di pergunakan.

“Jadi pak Bupati memerintahkan melihat kondisi rumah sakit tersebut dan sudah di tinjau dan sudah di laporkan ke bupati. Ruangan disana itu layak, Cuma ada empat ruangan yang bocor disana, sekarang sementara di benahi dan dibersihahkan. Rumah sakit tersebut bisa kita realisasikan dalam waktu dekat ini,”Katanya.

Rumah Sakit Djafar Harun Kabupaten Kolaka Utara kata dia tidak lagi melayani pasien OTG, ODP dan PDP atau pun yang sudah positif, bahkan keluarga pasien yang pernah kontak langsung dengan pasien diduga PDP Covid itu juga akan di karantina di rumah sakit tersebut.

“Kita menyiapkan ruang isolasi biasa itu tujuh kamar, Dua kamar untuk pasien PDP atau Positif Covid, disana sebenarnya tersedia 20 kamar namun ada 4 kamar yang bocor kami akan di benahi.jadi disana juga disediakan untuk ruagan untuk isolasi mandiri,”tuturnya.

Diapun menyatakan bahwa meski pemda telah menyiapkan rumah sakit untuk pasien covid namun jika ada pasien yang positif tetap akan dirujuk ke rumah sakit Bahteramas. Rumah sakit yang disipkan pemda Kolaka Utara hanyalah rumah Sakit untuk penanganan awal.

“Rumah sakit ini untuk penanganan awal saja, ini bukan rumah sakit rujukan kalau nantinya ada yang positif tetap akan dirujuk ke Kendari, kita hanya penanganan awal, umpanya saat di rapid tes itu positif itu langsung ditangani,  saat ini juga tengah penyiapan untuk Tenaga Medis baik perawat dan  ini bahkan ambulance juga disipakan,”tandasnya.(Cr2/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!