BERITA UTAMA

Pemkab Kolaka Siapkan Rp 36 Miliar untuk Penanganan Covid-19

1.000 Paket Sembako Siap Disalurkan

KOLAKAPOS, Kolaka–Pemerintah Kabupaten Kolaka, telah mengalokasikan anggaran untuk penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 sebesar Rp36 miliar.

Bupati Kolaka Ahmad Safei menjelaskan anggaran tersebut untuk membiayai sejumlah item. Di antaranya, penyediaan alat kesehatan di rumah sakit dan puskesmas, biaya belanja sembako untuk disalurkan kepada warga kurang mampu, serta kegiatan petugas tim gugus tugas.

“Dana Rp36 miliar tersebut berasal dari anggaran perjalanan dinas ASN yang dipangkas sebesar Rp10 miliar, Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 10 miliar, dan dana sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) tahun lalu sebesar Rp5 miliar. Kemudian Rp 5 miliar bersumber dari dana penyertaan modal seperti BPD, PDAM, Bank Bahteramas yang ditunda dulu, dan anggaran proyek yang tidak strategis tahun ini dipangkas sebesar Rp6 miliar,” terang Ahmad Safei saat ditemui di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kolaka, Selasa (21/4).

Meskipun telah menyiapkan anggaran untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, Safei berharap anggaran tersebut nantinya tidak akan digunakan seluruhnya. Untuk itu, ia bersama semua jajarannya fokus dan gencar melakukan penanganan pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19 di Bumi Mekongga. “Anggaran ini kita upayakan tidak kita belanjakan semua. Karena kan kita lihat di media kementerian banyak yang menganggarkan untuk membantu masyarakat,” ujarnya.

Khusus untuk biaya bantuan sembako, Bupati mengaku pihaknya menyiapkan 5.000 paket untuk dibagikan kepada warga kurang mampu. Untuk tahap pertama, sebanyak 1.000 paket sembako akan dibagikan kepada warga kecamatan Kolaka dan Latambaga. Rencananya, sembako akan dibagikan pada awal ramadan.

“Kita bagi dulu di wilayah yang padat penduduknya, khususnya wilayah Kecamatan Kolaka, dan Latambaga sebanyak 1.000 paket. Kemudian sekaligus kita bersosialisasi untuk mewajibkan seluruh masyarakat kabupaten Kolaka ini untuk masker. Jadi kita bagi sembako dan masker dan memberikan himbauan kepada masyarakat bagaimana virus corona ini kita bisa lawan,” pungkasnya. (kal/hen)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
error: Content is protected !!